Rabu, 26 Januari 2011

website sebagai media iklan

website sebagai media iklan di Internet, Murah dan Efektif

Website, media iklan di internet
Website, media iklan di internet
Salah satu prinsip dasar Marketing-Mix adalah Promosi. Jika Anda ingin dikenal, perusahaan atau organisasi, maka Anda mau tidak mau harus mengeluarkan biaya promosi atau iklan. Promosi biasanya dibagi menjadi dua, yaitu Above the Line dan Below The Line.
1. Above The Line. Biasanya diartikan sebagai kegiatan promosi atau periklanan dengan media seperti iklan TV, Radio, Majalah dan Koran.
2. Below The Line. Biasanya diartikan sebagai kegiatan promosi atau periklanan dengan cara seperti pameran, roadshow, bazzar, test produk, dll.
Tingginya persaingan dunia bisnis membuat setiap perusahaan biasanya mengeluarkan biaya promosi/iklan yang tinggi dalam budget operasionalnya. Ada pendapat bahwa semakin tinggi biaya iklan yang Anda keluarkan, maka semakin terkenal pula produk Anda, berarti akan semakin naik penjualan Anda.
Padahal tidak semua perusahaan mampu mengeluarkan biaya iklan yang tinggi. Selain itu, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab jika Anda mampu memilih sarana iklan yang tepat dan murah, tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi, tetapi produk Anda dapat dikenal oleh target market yang sesuai.
Salah satu solusi yang tepat untuk menekan biaya iklan adalah WEBSITE.
Website, termasuk ke dalam kategori iklan Above The Line. Tetapi website jauh lebih murah jika dibandingkan iklan di TV atau koran/majalah. Sebagai contoh, jika ingin iklan Anda tampil di TV pada acara prime time, Anda harus membayar ratusan juta untuk tampil hanya selama 3 menit.
Atau jika ingin iklan Anda tampil di koran dengan satu halaman penuh, setidaknya 300 sampai 500 juta harus Anda keluarkan. Dan iklan tersebut biasanya hanya tampil selama waktu yang Anda tentukan, 3 menit di TV saja atau satu hari saja jika di koran.
Demikian pula billboard atau iklan papan di jalan. Setidaknya ratusan juta rupiah harus dikeluarkan untuk membayar biaya pemasangan billboard di lokasi strategis. Itupun hanya sewa 3 bulan misalnya.
Dengan menggunakan website, maka ada beberapa keuntungan, yaitu:
1. International coverage. Website dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia. Informasi yang disajikan di website Anda dapat diakses dan dibaca oleh seluruh pengunjung website Anda dari seluruh dunia. Tidak hanya di Jakarta saja, atau Indonesia saja.
2. Lifetime useful. Selama website Anda aktif, maka informasi yang ingin Anda sampaikan, dapat diakses. Tidak seperti televisi, koran atau majalah. Iklan Anda di media konvensional tersebut hanya akan tampil selama 3 menit saja, atau satu hari saja.
3. Complete. Informasi yang ingin Anda sampaikan akan lebih lengkap dan komplit jika menggunakan website sebagai media iklan. Profil perusahaan, harga produk, cabang/perwakilan, promosi/campaign/diskon, dll. Sementara karena keterbatasan tempat dan biaya, maka iklan di TV dan koran, biasanya sangat singkat.
4. Database. Dapat dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan database pelanggan.
5. Cost Saving. Murah. Ya, website jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di TV atau koran.
Nah, murahnya biaya iklan melalui website dan internet, tentu saja merupakan peluang bisnis bagi Anda yang ingin belajar internet marketing. Karena saat ini, banyak orang atau perusahaan, sudah sadar bahwainternet merupakan media promosi yang efektif dan murah. Apalagi dengan potensi pasar pengguna internet yang setiap tahun terus meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar