Minggu, 23 Januari 2011

Peluang bisnis dan usaha Making Community

Peluang bisnis dan usaha Making Community


Dari sekian bisnis yang pernah bisnis update pernah publish di website, mungkin ini lah bisnis yang paling long term. Artinya bisnis ini dibangun jangka panjang. Namun percaya atau tidak justru bisnis ini lah bisnis masa depan.

Bisnis Komunitas ini dimulai dari revolusi direct selling dan MLM. Dimana ide awalnya adalah mengumpulkan sebanyak mungkin orang untuk melakukan pemasaran terhadap suatu produk. Sayangnya sistem MLM memiliki banyak kelemahan. Mulai dari sisi emosional hingga pemasarannya yang sulit.

Bisnis update mendata beberapa komunitas yang sudah cukup besar dan eksis dikota-kota besar seperti, TDA (Tangan Di Atas), Bike To Work, Maestro Indonesia, dan yang paling besar adalah kaskus. Komunitas ini meliputi berbagai bidang, mulai dari kumpulan entrepreneur, pencinta sepeda, pencinta bis, sampai pencinta makanan tradisional indonesia.

Bagaimana bisnis ini berjalan :

Dimulai dari hanya milis groups yang banyak tersebar di internet secara gratisan. dan benar ini benar-benar gratis. khusus untuk kaskus dimulai dari websitenya.

memiliki beberapa moderator yang memang memiliki ilmu yang mumpuni dalam bidang tersebut. Hal ini penting untuk menghidupkan suasana dalam komunitas tersebut.

Dan ketika sudah cukup besar dimulai lah pertemuan kopi darat dengan mengetengahkan sebuah tema. Sebisa mungkin rutin dilaksanakan.

Bagaimana bisnis ini mendapatkan keuntungan :

dari online website komunitas ini bisa mendapatkan keuntungan dari iklan.

dari offline pada setiap pertemuan komunitas ini bisa mendapatkan sponsor pada setiap acara.


Namun yang perlu diingat ini tentang membangun bisnis komunitas. Jadi bukan membangun bisnis pribadi. Jadi kalau maju ya untuk rame-rame.

Jadi mulai sekarang tentukan komunitas apa yang akan anda bentuk ??

salam usaha !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar