Senin, 31 Januari 2011

Tip Menyusun Proposal untuk Seumur Hidup

Tip Menyusun Proposal untuk Seumur Hidup


Kalau untuk sebuah acara yang digelar satu-dua hari pasti kita butuh proposal, tapi mengapa untuk hidup kita yang berjalan puluhan tahun tidak membuat proposal? Sebuah pertanyaan retorik yang sungguh amat sangat menyentak kesadaran kita, seperti kita telah membiarkan hidup kita mengalir tanpa arah, tanpa tujuan, tanpa cinta-cita. Sama terkejutnya Nagabonar pada kenyataan yang tidak diinginkan, "apa kata dunia?!"Oleh: Akhmad Sekhu
Jamil Azzaini dalam bukunya berjudul "Tuhan, Inilah Proposal Hidupku" memandu kita untuk menyusun rencana hidup kita dalam sebuah kerangka yang disebut dengan "Proposal Hidup."
Hal ini sebagaimana pengalaman Jamil sendiri yang membawa proposal hidup ketika menunaikan ibadah haji. Tampak ia tidak perlu repot-repot berdoa panjang-lebar di depan Kabah. Sambil thowaf di Masjidil Haram, ia hanya meminta pada Allah agar ia dapat wujudkan cita-cita sukses-mulianya Dalam proposal itu, hanya jika hal ini kalau diridhai oleh-Nya. Sebuah pengalaman mempraktekkan dalam thowaf sambil menenteng proposal yang membuat kita salut dan tentu memberi apresiasi tinggi.
Dalam sebuah riset yang dipimpin Mark McCormack pada para lulusan MBA di Harvard Business School tahun 1979 sampai 1989 berkaitan penulisan rencana hidup. Tahun 1979 ditanya "apakah Anda telah menyusun sebuah rencana hidup yang jelas, spesifik, dan tertulis?" dan sepuluh tahun kemudian, 1989, hasilnya 13% yang memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik tapi tidak tertulis, memiliki penghasilan rata-rata dua kali lipat dibanding mereka yang 84% (belum memiliki dan menyusun rencana hidup). Yang luar biasa, 3% para lulusan yang telah memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik, dan tertulis memiliki penghasilan yang besarnya rata-rata 10 kali lipat dibanding 97% lulusan sekolah bisnis tersebut. Sebuah penghasilan yang tentu sangat memuaskan!
***
Buku ini terbagi dalam lima langkah, yaitu langkah pertama, Sadarilah bahwa Anda adalah Masterpiece, yang meyakinkan Anda adalah mahakarya dari Sang Pencipta. Begitu Anda lahir-tumbuh-meninggal maka tidak pernah dan tidak akan pernah ada lagi makhluk sama persis seperti Anda. Betapa Anda memang benar-benar spesial yang tentu pastinya berharga sangat mahal jadi tulislah pengalaman hidup Anda untuk kemudian pilih pengalaman yang berkorelasi sangat kuat dengan masa depan Anda.
Langkah kedua, Tetapkan Prestasi Terbaik yang akan Anda Raih, yang meyakinkan Anda untuk merancang masa depan, yaitu dengan langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah tetapkan prestasi terbaik yang ingin Anda raih selama hidup di muka bumi. Karena Anda spesial dan berharga mahal jadi jangan sia-siakan hidup Anda. Pastikan prestasi atau karya Anda sebanding atau paling tidak mendekati dengan harga diri Anda yang begitu mahal.
Langkah ketiga, Jadilah Seorang Expert, yang meyakinkan Anda untuk memilih keahlian (expert) yang menyenangkan ketika Anda mengerjakan. Bukan hanya itu Saja, keahlian itupun bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan bagi Anda. Mereka semakin expert, menikmati dan mencintai pekerjaan itu, dan hebatnya lagi bayaran dan popularitasnya semakin meningkat. Orang-orang expert menjadi public figur yang banyak menghiasi media massa cetak maupun televisi.
Dalam langkah ini terdiri dari tiga bahasan, yaitu mulai dari mencurahkan waktu untuk meningkatkan expert Anda, kemudian mencari guru expert, spiritual dan kehidupan, setelah itu barulah sampai bersahabat dengan orang yang mendukung Anda.
Langkah keempat, Sempurnakan Hidup Anda sekarang, yang meyakinkan untuk menyempurnakan hidup Anda sekarang juga. Karena keberhasilan Anda mewujudkan prestasi ternaik dan expertise yang ingin Anda kuasai sangat ditentukan oleh kehidupan Anda saat ini. Anda tak pernah meraih hidup di masa Depan hingga melakukan kegiatan-kegiatan yang berkualitas hari ini. Seperti apa jadinya Anda di masa depan adalah hasil dari apa yang Anda lakukan hari ini.
Dalam langkah ini terdiri dari dua bahasan, yaitu bersahabat dengan orang yang mendukung Anda, kemudian tetapkan komitmen sikap dan perilaku Anda.
Terakhir, langkah kelima, yaitu Sempurnakan Lingkungan Anda, yang meyarankan Anda untuk mencari dan menciptakan lingkungan sesuai dengan nilai-nilai Anda yang tentu dapat mendukung pencapaian prestasi dan expert Anda.
Dalam langkah ini terdiri empat bahasan, yaitu memulai dari rumah Anda, sampaikan proposal hidup Anda dalam setiap kesempatan, berdoalah, sampai dengan mensyukuri keberhasilan di setiap tahapan.
***
Buku ini adalah semacam workbook. Anda tak akan memperoleh banyak manfaat bila hanya membaca namun tidak melakukan aktifitas apapun. Kerjakan secara bertahap dan ikuti instruksinya dengan baik. Apabila Anda mengikuti semua instruksi yang ada di buku ini, begitu Anda selesai membaca dan mengerjakan aktivitas di dalam buku ini maka jadilah itu sebagai bahan baku proposal hidup Anda. Sebuah buku mengenai tip menyusun proposal untuk seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar