Sabtu, 15 Januari 2011

Be Different ? It’s Great!


Fanya Jodie

Editor Vibiznews.com

Be Different ? It’s Great!!

(Managementfile – Sales & Marketing) - Siapa bilang sesuatu yang berbeda itu sudah pasti aneh dan tidak disukai? Asal tahu saja, untuk membuat produk atau jasa kita laku dijual di pasaran, kadang memang kita harus bersikap berbeda. Berbeda yang dimaksud bukan berarti kita menjadi tidak wajar atau bahkan berlaku tidak wajar, akan tetapi berbeda yang dimaksud adalah memiliki ciri khas yang membuat kita mudah untuk diingat.

Bila Anda bergerak di dunia musik dan entertainment, memiliki teks lagu atau gaya bermusik yang unik? Mengapa tidak! Ingat saja Adam Young dalam lagunya “The Bird and The Worm” yang potongan liriknya berbunyi : “You and I left our troubles far behind, troubles far behind..But I still have just one more question on my mind..For all my pals who live in the oceans and the seas..With friends like these well, who needs enemies” Mendengar liriknya, memang unik kan? Tapi buktinya lagu tersebut juga menjadi lagu yang hits dan popular.

Selain Adam Young, ada lagi Justin Bieber. Penyanyi lagu “Baby” dan “One Time” asal Canada yang lahir pada tahun 1994 ini ditemukan oleh pencari bakat yang menemukan videonya yang dipublikasikan di YouTube. Memang banyak cara yang terlihat “berbeda” yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang kita lakukan. Seperti Adam Young yang membuat lagu dengan lirik yang unik atau Justin Bieber yang menjadi popular melalui YouTube, hal tersebut menunjukkan bahwa banyak cara “berbeda” yang unik untuk memasarkan keahlian serta produk atau jasa yang kita miliki dan hasilkan.

Soal berbusana, jangan takut untuk berbeda agar kita lebih diingat orang. Misalnya, kalau yang berbaju ungu itu pasti si A atau yang suka mengenakan asesoris warna oranye pasti si N. Tetapi tentu saja mencari busana yang “unik” dan “berbeda” bukan berarti berbusana seronok atau berdandan yang terlalu tidak lazim sehingga bisa menimbulkan persepsi negatif dari masyarakat. Kita mungkin bisa menandai diri kita sendiri dengan ciri khas yang kita bisa tonjolkan dan tentu saja tetap tidak menimbulkan efek negatif dari masyarakat.

Banyak hal “berbeda” lainnya yang bisa kita lakukan untuk membuat produk atau jasa serta keahlian yang kita miliki dikenal dan laku dijual di pasaran. Misalnya saja, dari cara berbicara kita yang jago melawak tanpa menjaga image yang berlebihan, keahlian kita untuk membuat suasana menjadi ceria, gaya berbusana kita yang unik sehingga menjadi trendsetter, atau bisa juga dengan berbagai cara lainnya seperti sifat yang supel, down to earth,sopan, serta berbagai cara lainnya agar kita terlihat berbeda namun dikenal dan diingat oleh orang lain. Percaya atau tidak, keunikan dan ciri khas yang kita miliki seringkali dapat membuat kita lebih mudah untuk memasarkan produk, jasa atau keahlian yang kita miliki.

So, don’t afraid to be different!! Still confident and be the real you!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar