Rabu, 23 Februari 2011

Company profile


Company profile merupakan salah satu aspek penting dalam publikasi sebuah perusahaan. Fungsi sebuah company profileadalah sebagai media komunikasi dan penyampaian informasi tentang perusahaan kepada pihak-pihak terkait, baik internal maupun eksternal perusahaan.

Dalam membuat company profile, terkadang perusahaan mendapati beberapa masalah. Hal ini dikarenakan pihak perusahaan sebenarnya membutuhkan, namun awam dengan pembuatancompany profile yang menarik dan tepat sasaran. Masalah ini sering diatasi perusahaan dengan cara menyewa atau mempekerjakan orang untuk membuat company profile. Solusi ini bisa jadi akan sangat praktis dan dapat diaplikasikan dengan waktu yang relatif cepat, namun sangat terkait dengan penggunaan biaya yang besar.

Berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia company profile dan branding sebagai company profile specialist pertama di Indonesia, Take It Fun mencoba membagi intisari fungsi daricompany profile, antara lain :
  1. Sebagai Representasi dari perusahaan
  2. Sebagai alat marketing (marketing tool)
  3. Sebagai pelengkap proposal / penawaran
  4. Sebagai materi branding
  5. Sebagai prasyarat mengakses dana perbankan (hibah, pinjaman)
  6. Sebagai prasyarat mengikuti event tertentu (pameran, seminar, workshop, bursa)
  7. Sebagai kelengkapan materi tender
  8. Sebagai Materi publikasi dalam sponsorship event
  9. Sebagai personal gift yang diberikan untuk pelanggan setia atau pelanggan khusus
  10. Sebagai special gift, doorprize, atau seminar kit pada saat penyelenggaraan event

fungsi utama company profile adalah sebagai media komunikasi/penyampaian informasi tertentu tentang perusahaan pada pihak-pihak yang membutuhkan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan fungsi potensial ini, Company Profile yang efektif paling tidak harus memuat beberapa hal berikut :

Representatif
Desain company profile pertama-tama harus representatif, sesuai dengan kesan, karakter dan image yang telah dibangun dan ingin ditampilkan oleh perusahaan.
Umumnya kesan, karakter dan image yang ditampilkan pada company profile itu formal/resmi, konservatif, profesional, punya integritas, kredibel dan akuntabel.
Tetapi ada juga perusahaan yang ingin lebih kelihatan casual, dinamis, egaliter, ramah, hangat dan akrab, berani tampil beda sambil tetap menjaga profesionalitas, integritas, kredibilitas dan akuntabilitas.

Pada akhirnya yang menentukan kesan, karakter dan image seperti apa yang akan ditampilkan adalah sifat dari bisnis yang dijalankan oleh perusahaan (company profile sebuah law firm, misalnya, pasti akan berbeda dengan animation house), atau preferensi dari top decision maker dalam perusahaan tersebut.
Sering ditemukan company profile sebuah perusahaan yang desainnya sangat tidak biasa, karena top decision makernya memang menginginkan hal yang seperti itu.

Informatif
Selain representatif, desain company profile juga harus bisa membantu supaya setiap informasi yang ada ditampilkan dengan benar, akurat, dan lengkap, dan disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk dimengerti.
Untuk memenuhi kedua hal di atas, pemahaman tentang pemakaian wujud (form) dan ruang (space), tipografi, foto/ilustrasi, warna, dan layout yang tepat memegang peranan yang sangat penting. Selain itu perlu diperhatikan juga cara dan metode distribusi dan penyampaiannya.

Struktur
Meski desain sebuah company profile bisa berbeda satu sama lain, tapi struktur isinya pada dasarnya sama.
Umumnya company profile memuat hal-hal informatif seperti : sejarah perusahaan, profil perusahaan dan divisi/unit-unit bisnis yang ada, features (tulisan khusus tentang kekhasan perusahaan yang layak untuk diangkat), informasi produk/jasa yang ada dan daftar klien atau proyek yang pernah dilayani atau dikerjakan oleh perusahaan.

Dengan adanya digitalisasi dan teknologi media baru seperti disc dan website, desain company profile sekarang ini sudah semakin dinamis, dengan variasi content yang beragam dan kemudahan untuk mengupdate informasi yang disajikan kapan pun diperlukan.



3 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Perawatan Mobil

    sukses selalu

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Warna Mobil

    sukses selalu

    BalasHapus
  3. harga toyota Yaris 20146 April 2014 pukul 20.42

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota yaris 2014

    BalasHapus