Sabtu, 08 Januari 2011

MARKETING SHOPPING FESTIVAL 2010

PETRA MARKETING SHOPPING FESTIVAL 2010

Acara luar biasa ini adalah ajang praktek kemampuan pemasaran & promosi mahasiswa dalam dunia retail modern yang berlangsung selama 8 Mei - 5 Juni 2010. Sebanyak 80 peserta mata kuliah SALES MANAGEMENT WORKSHOP & BRAND COMMUNICATION WORKSHOP diminta untuk membentuk sekitar 8 kelompok, dimana masing-masing kelompok akan merancang outlet kecil mereka masing-masing.
Perencanaan tersebut meliputi pemilihan produk, pemilihan lokasi, analisa persaingan, rencana promosi, dll yang sekiranya mendukung 1 bulan masa praktek para mahasiswa di pusat perbelanjaan yang dijadikan lokasi pilihan (tahun 2010 ini dilakukan di CITO - City of Tomorrow, depan bioskop 21). Sebagai ajang praktek tentu masing-masing kelompok akan memiliki kesulitan & keunggulannya masing-masing, tapi itulah proses dan bisnis. Mahasiswa dikondisikan bisa menjadi seorang tenant profesional yang kelak akan mengerti tantangan, kesulitan, peluang & keuntungan untuk membuka usaha di pusat perbelanjaan.
Dari hasil evaluasi bahkan salah team yang memiliki rencana bisnis yang bagus bahkan bisa mendapatkan keuntungan kotor Rp. 400.000 s/d 700.000 per orang (Rp. 7 juta per kelompok). Tapi bukan tidak mungkin apabila rencana bisnisnya kurang tepat ternyata ada juga kelompok yang dalam proses berjualan selama 1 bulan bisa hanya sekedar balik modal (BEP = break event point) atau bahkan merugi karena terlanjur membeli dengan sistem beli putus. Tentu strategi seperti ini akan berbeda dengan kelompok yang bisa negosiasi melakukan sistem konsinyasi (titip barang, baru dibayar apabila ada penjualan).
Well ... proses yg berat tapi membanggakan. Semoga periode 2011 dapat memberikan hasil yang semakin baik lagi. =)

PETRA PARADE 2010

PETRA PARADE merupakan acara OPEN HOUSE UK PETRA yang diadakan selama 3 hari di kampus swasta yang berlokasi di daerah Siwalankerto ini. Dalam kegiatan ini berbagai acara meriah diadakan oleh berbagai program dengan mengundang anak-anak SMU, orang tua, mahasiswa maupun masyarakat untuk turut datang menonton. Acara pameran, permainan, lomba, kembang api, konser, dan berbagai variasi acara menarik lainnya yang turut dihadiri berbagai kalangan tua muda ini merupakan acara pertama yg diadakan di kampus secara besar-besaran.
Dalam rangkaian acara ini, program MARKETING mengadakan pameran dalam tema 'MARKETING PIRATES'. Dengan setting gedung T sebagai PELABUHAN yang merupakan gabungan dari 3 konsep gedung yaitu MERCUSUAR, KAPAL & PELABUHAN, maka mahasiswa marketing memilih untuk membawa tema BAJAK LAUT ini sebagai tema yang menarik. Ruang pameran dikemas dalam bentuk labirin yang menampilkan karya-karya iklan kreatif Indonesia & mancanegara, kemudian peserta akan memasuki ruangan iklan TV yang juga menampilkan sebagian iklan-iklan terkenal dari Indonesia dan peraih award bergengsi dari luar negeri.
Peserta akan mendapatkan majalah MARKETING, majalah MIX, starter pack dari sponsorship, brosur & juga bisa berfoto di background PIRATES yang ada. Pada kunjungan ini bisa juga bertanya lebih lanjut tentang apa itu MARKETING, prospe bidang ini ke depan, jenis pekerjaan, mata kuliah yang diajarkan dll. Acara ini terkait juga dengan acara PETRA MARKETING VIDEO COMPETITION (www.petravideo.com) yang menampilkan video-video hasil karya anak SMU yang menampilkan tentang MARKETING. Selain itu juga terdapat acara SPIRIT 21 - acara nonton bersama & diskusi film dalam bahasa inggris.


Sertifkasi Profesi CPBC - CERTIFIED PROFESSIONAL IN BRAND COMMUNICATION

CPBC (Certified Professional in Brand Communication) adalah program sertifikasi profesi yang memberikan pelatihan selama 1 semester (durasi 90 jam pelatihan) yang menghadirkan praktisi & pembicara pakar di bidang BRAND COMMUNICATION. Para pembicara yang dihadirkan akan memberikan pembekalan & workshop praktis tentang dunia Brand Management & Marketing Communication, termasuk tentang kiat-kiat membangun bisnis di bidang ini.
Pembicara yang dihadirkan berasal dari Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Malang dan kota-kota besar lainnya, mewakili perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) maupun dari IMAGO School of Modern Advertising (Jakarta).
Model pelatihan yang diberikan adalah seminar / ceramah, workshop, games, case study, movie discussion, role play / simulasi, studi ekskursi & presentasi. Melalui pelatihan ini diharapkan mahasiswa marketing yang memilih konsentrasi BRAND COMMUNICATION akan mendapatkan kompetensi & pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam industri kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar