Rabu, 26 Januari 2011

Trik meyakinkan calon pembeli


Dalam bisnis online, kepercayaan konsumen adalah harga mati. Kepercayaan konsumen akan membedakan bisnis mana yang akan berjalan lancar dan bisnis mana yang akan mati. Untuk itu, kita harus bisa membuat konsumen dan calon konsumen untuk percaya dan lebih percaya lagi kepada kita.
Saya yang sudah bertahun – tahun bergelut dalam bidang bisnis online akan membagi tips kepada anda bagaimana caranya agar calon pembeli percaya kepada kita. Tentu saja tips ini tidak akan membuat konsumen akan langsung percaya kepada kita, tetapi minimal akan membuat konsumen meningkat tingkat keprcayaannya pada kita.
1. Nama lengkap
Menuliskan nama, baik nama pribadi maupun nama perusahaan, secara lengkap adalah syarat mutlak. Siapapun tidak akan percaya jika kita hanya mencantumkan nick name atau nama singkatan saja.
Akan jauh lebih baik lagi jika nama ini sesuai dengan nama yang tercantum dalam rekening bank ( biasanya kita mencantumkan nomor rekening bank sebagai tempat tujuan transfer ).
2. Alamat lengkap
Sama dengan nama, alamat lengkap juga mutlak harus ada. Alamat ini juga harus alamat anda atau alamat perusahaan anda yang memang merupakan lokasi usaha. Tidak selalu dalam bentuk alamat Jalan … no …, tetapi bisa juga alamat lain yang juga jelas. Minimal Pak Pos bisa langsung mengirim ke alamat anda.
Lebih baik lagi jika dilengkapi peta jalan menuju rumah atau kantor anda, bisa berupa peta buatan anda sendiri, atau peta yang mengambil dari google maps yang anda berikan marking lokasi anda.
3. EMail dan Telpon
Email dan telpon adalah saran agar kita bisa berkomunikasi dengan cepat dengan konsumen, tidak harus ada, tetapi keberadaanya menjadi sangat penting di era infromasi seperti ini. Calon konsumen tentu saja tidak harus datang ke tempat anda jika hanya ingin bertanya – tanya seputar produk anda.
Anda juga harus rajin membuka inbox email dan sms agar selalu mengetahui informasi terbaru yang masuk, siapa tahu ada konsumen yang tertarik dengan produk anda dan bertanya melalui sms atau email.
4. Chat dan messenger
Selain email dan telpon, aplikasi chat juga penting dicantumkan dalam situs online anda, berbeda dengan sms atau telpon yang membutuhkan biaya per detik atau per pengiriman, aplikasi chat semisal yahoo messeger dalah gratis.
Beberapa calon konsumen akan lebih suka chat dengan anda melalui yahoo messenger karena relatif lebih murah dibanding dengan telpon dan sms, aplikasi chat juga memberikan kekeluasaan dalam menuliskan apa yang kita inginkan dari pada sms yang dibatasi jumlah karakter.
5. Profil
Profil  juga penting dicantumkan dalam situs online anda, profil akan menunjukkan siapa diri anda sebenarnya, data diri anda, teman – teman anda. Tetapi yang perlu diingat, tidak semua data profil perlu dicantumkan. Hanya data yang berkaitan dengan produk yang dijual saja yang perlu dicantumkan.
Saat ini ada facebook yang bisa menampilkan profil, itu akan sangat membantu menjelaskan siapa anda kepada konsumen.
6. Referensi
Referensi ini bisa berupa anda pernah menjual kemana saja, pekerjaan yang pernah anda lakukan dengan sukses, daftar suplier atau rekanan anda dan sebagainya.
Semakin banyak referensi yang anda tuliskan dan berkaitan dengan apa yang anda jual, akan lebih mampu meyakinkan calon konsumen anda.
7. Testimoni
Testimoni adalah kata – kata konsumen, anda bisa menyediakan form untuk testimoni konsumen yang telah merasa puas dengan pelayanan anda.
Dengan semakin banyak testimoni, akan semakin mampu meyakinkan calon konsumen. Tetapi anda harus hati – hati dengan testimoni ini, karena bisa jadi boomerang bagi anda. Karena kita tahu, bahwa ada banyak penjual online yang menuliskan testimoni palsu, terutama penjual online yang tidak jelas produknya.
Dari 7 hal tersebut, semuanya terurut mulai dari yag terpenting sampai ke yang paling tidak penting. NOmor 1 adalah paling penting dan nomor 7 adalah yang paling tidak penting.
Mudah – mudahan bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar