Kamis, 27 Januari 2011


Cara-Cara Promosi Online

Di dalam promosi secara offline, mungkin Anda sudah mengenal apa itu banner, leaflet, brosur atapun baliho. Ya, alat-alat promosi itu bertujuan agar membuat banyak orang tahu terhadap bisnis kita. Apa yang kita jual dan apa manfaat produk kita untuk mereka.
Dari pemasangan baliho atau banner di pinggir jalan, penyebaran brosur di perumahan atau di perempatan jalan, tentunya ada harapan, dari sekian banyak orang yang melihat atau membaca iklan pada alat-alat promosi tersebut, ada beberapa yang tertarik dan akhirnya membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Makin banyak orang yang melihat dan membaca iklan kita melalui alat-alat promosi tersebut, tentunya meningkatkan propabilitas orang untuk membeli produk jasa kita.
Promosi secara onlinepun tidak jauh dari itu. Tujuannya tetap sama, yaitu membuat semakin banyak orang yang tahu akan produk atau jasa yang kita tawarkan.
Berikut ini beberapa cara berpromosi online, yang bisa Anda praktekkan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda :
1. Promosi Melalui Search Engine
Promosi melalui search engine ini bisa dibilang sangat powerfull. Karena sangat tertarget. Ibaratnya, iklan yang kita promosikan benar-benar dilihat oleh orang-orang yang benar-benar mencari sesuatu sesuai dengan kata kunci yang mereka cari melalui search engine.
Ada dua jalur dalam melakukan promosi ini. Jalur lambat dan jalur cepat. Jalur lambat, yaitu dengan teknik SEO. Anda bisa mencari tahu tentang teknik SEO melalui artikel – artikel sebelumnya. Untuk jalur cepat, anda bisa melakukannya dengan memasang iklan melalui google adword.
Kedua jalur ini sama-sama akan memunculkan iklan Anda dari hasil pencarian. Bedanya adalah teknik SEO gratis, google adword berbayar. Terserah Anda mau pilih yang mana.
2. Promosi Melalui Blog/Situs
Anda bisa memasang banner iklan pada blog Anda sendiri, atau memasang banner pada situs orang lain yang tentunya sudah banyak pengunjungnya. Untuk memasang banner pada blog/stius orang lain, tentunya ada ketentuan-ketentuan khusus, dari mulai ukuran banner sampai dengan biayanya. Tentunya ada harus mempersiap dulu design banner yang akan diiklankan. Dan tentunya, jangan lupa untuk menyiapkan dana pasang iklannnya :) .
3. Promosi Melalui Situs Iklan Baris Gratis
Cara ini bisa Anda lakukan, hanya saja perlu sedikit kerja keras. Banyak pemasar yang berpromosi melalui situs iklan baris gratis. Ini akan membuat iklan yang Anda pasang sebelumnya tergesar oleh iklan-iklan baru.
Semakin banyak yang memasang iklan, tentunya iklan kita akan makin tergeser dan akhirnya mungkin tidak akan terlihat oleh para pengunjung situs iklan baris tersebut. Solusinya mungkin Anda bisa melakukan pemasangan iklan setiap 1 jam sekali. Selain itu Anda bisa menggunakan jasa pemasangan iklan pada situs iklan baris yang banyak ditawarkan di internet.
4. Promosi Melalui Jejaring Sosial
Jika anda mempunyai akun facebook atau twitter, kenapa tidak Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda ? Agar Anda tidak dianggap spammer, di facebook Anda bisa membuat group atau fan page khusus untuk mempromosikan produk Anda.
Anda bisa share artikel blog Anda dan sekali-kali melakukan promosi.
Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi melalui Youtube. Anda bisa mendapatkan panduannya di BloggerMalas.Com, GRATIS. Buruan promo gratisnya hanya sampai 31 Desember 2010 (hehe, maaf ya pemberitahuannya telat).
Nah, itulah beberapa cara berpromosi melalui internet. Kalau ada yang mau nambahin, silahkan.
Sebelum saya mengakhir artikel ini, yang perlu jadi perhatian adalah, banyak dan seringnya Anda beriklan tidak menjamin produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa laku keras. Ini tergantung dari sales letter dan penawaran-penawaran yang Anda berikan. Tentunya ini perlu ilmu yang memadai dan pengalaman yang cukup untuk bisa membuat sales letter yang memiliki nilai konversi tinggi. Nah, untuk yang ini saya juga perlu banyak belajar. Ayo, kita sama-sama belajar :)
Salam Kreatif,
Blog Bisnis Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar