Sabtu, 15 Januari 2011

Strategi Pemasaran Fashion Business



Elvaretta Nathania
Sales Expert

Strategi Pemasaran Dalam Menjalankan Fashion Business
http://www.six-green.com/

http://www.managementfile.com
(managementfile-Sales & Marketing) - Fashion business atau bisnis fashion merupakan bisnis yang digemari oleh kaum wanita. Selain menguntungkan, bisnis ini juga dapat dijadikan sebagai sambilan bagi para fashionista yang memang memiliki hobi mengikuti perkembangan trend mode yang ada dan juga memiliki kecintaan terhadap keindahan. Namun, meraih keuntungan di dalam fashion business bukan perkara yang mudah, karena selain kita harus mengikuti trend mode yang terus bergulir, persaingan ketat di dunia bisnis fashion merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Selain itu, selera tiap konsumen di dalam fashion tidaklah sama sehingga hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi para pihak yang bergerak di bisnis fashion. Mengetahui semua hal tersebut, bagaimana cara mendapatkan keuntungan di dalam fashion business ?

Berikut beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk menjalankan fashion business:

Menentukan target market

Pertama kita harus mengetahui target market nya terlebih dahulu, apakah barang fashion yang kita pasarkan adalah untuk konsumsi anak kecil, remaja, wanta karir, atau ibu rumah tangga. Mengetahui target market sangat penting untuk mengetahui cara pemasaran produk kita. Tentu berbeda cara memasarkan pakaian untuk remaja, wanita karir, dan lainnya. Manfaat lainnya apabila mengetahui target market dengan benar, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menjual produk fashion kita untuk memenuhi selera mereka.

Do some research

Berhubungan dengan poin pertama, setelah kita mengetahui target market dengan benar, kita harus melakukan riset untuk mencari tahu selera pasar seperti apa. Dengan kita mengetahui selera pasar yang ada, maka lebih banyak produk fashion kita yang barang yang dapat kita pasarkan.

Selalu up to date

Fashion comes and goes, jadi kita selalu harus mencari tahu apa yang sedangin! Namun, kita tidak perlu memaksa hal yang sedang in tersebut untuk selalu diterapkan, kalau cocok dengan target market dan selera pasar bolehlah yang sedang in tersebut dimasukkan sebagai unsur ke dalam rancangan kita. Tetapi, kalaupun misalnya ternyata tidak cocok, jangan diabaikan begitu saja, karena minimal hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Be unique

Sudah merupakan hal yang wajib bagi para pihak yang bergerak di bisnis fashion untuk memiliki ciri khas tersendiri pada produknya. Ciri khas atau keunikan yang dimilikinya berguna agar produk fashionnya lebih mudah untuk diingat orang sehingga menjadi trademark dan memberikan poin plus bagi produk fashion kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar