Rabu, 12 Januari 2011

PERENCANAAN PERUSAHAAN

 PERENCANAAN PERUSAHAAN

Perencanaan pemasaran didasarkan pada pasar, pelangan, dan produk/layamam, perencanaan bisinis melibatkan sumber daya perusahaan lain yang akan terkait dengan pasar yang telah teridentifikasi. Berikut lima langkah proses perencanaan perusahaan :
Pertama, terkait denan pernyataan sasaran finansial perusahaan untuk periode perencanaan jangka panjang organisasi itu. Sasaran ini sering diuraikan dalam bentuk perputaran, laba sebelum pajak, dan keuntungan investasi. Biasanya, batas perencanaan ini lima tahun, tetapi periodenya harus ditentukan oleh keadaan pasar. Sebagai panduannya, seharusnya ada pasar untuk produk organisasi itu, umtuk waktu yang cukup lama, setidaknya untuk melunasi setiap investasi modal yan berkaitan denan produk-produk itu. Disarankan untuk menekan periode ini hanya sampai tiga tahunkarena jika lebi dari itu, setiap detil dari rencanan strategis kemungkinan tidak akan ada artinya.

Kedua, merupakan audit, atau tinjauan dan penilaian yang sistematis, kritIs, dan tak bias dari lingkungan dan operasi perusahaan. Dalam praktiknya, cara terbaik untuk melaksanakan audit manajemen adalah denan melaksananakan audit secara terpisah dari masing-masin fungsi manajemen utama.Dengan demikian, audit pemasaran (yang berkaitan dengan lingkungan pemasaran dan operasi pemasaran) merupakan baian dari audit manajemen yang lebih besar, demikian pula dengan audit operasi.

Ketiga, penetapan sasaran dan strategi, tidak diragukan merupakan yan paling penting dan paling sulit dari tahapan perencanaan perusahaan karena jika lankah ketia tidak dilakukan dengan semestinya, segala sesuatu yang mengikutinya menjadi tidak berarti lagi. Tahapan ini merupakan tahapan dalam siklus perencanaan di saat kompromi harus tercapai antara apa yan diininkan oleh beberapa departemen fungsional dan apa yang dapat dipraktikkan dengan berbagai hambatannya dalam setiap operasi perusahaan.

Keempat, dilakukan dengan rencana detail selama satu tahun, yan berisi tanggung jawab , pemilihan waktu dan biaya pelaksanaan sasaran tahun pertama, dan rencana yan luas untuk tahun-tahun berikutmya.

Kelima, merupakan gabungan dari rencana detail ke dalam rencana perusahaan, yang terdiri dari sasaran perusahaan jangka panjang, strategi, rencana, perhitungan laba-rugi, dan laporan keuangan Tujuan utama rencana perusahaan adalah menyajikan visi jangka panjang perusahaan atau hal-hal yang ingin dicapai perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar