Efektivitas Penyampaian Pesan http://pengantarperiklanan.blogspot.com/
Efektivitas penyampaian pesan ditentukan beberapa hal, yakni strategi pesan ,pelaksanaan pesan, tone dan format pesan.
Strategi Pesan, meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1. Memutuskan pesan umum apa yang akan dikomunikasikan.
2. Mengidentifikasi manfat-manfaat bagi pelanggan yang dapat digunakan sebagai tarik pemasangan iklan.
3. Menciptakan konsep kreatif yang kuat. Ini mencakup tampilan iklan.
4. Menciptakan daya tarik khusus yang akan digunakan dalam kampanye pemasangan iklan. Daya tarik iklan harus memiliki tiga sifat yakni meaningful (berarti), believable (dapat dipercaya) dandistinctive (khas).
Pelaksanaan Pesan, bisa dalam berbagai gaya di antaranya :
1. Potongan kehidupan ( slice of life ). Gaya ini menunjukkan satu atau lebih orang khas yang menggunakan produk dalam situasi normal.
2. Gaya hidup ( life style ). Gaya ini menunjukkan kecocokan sebuah produk dengan gaya hidup tertentu.
3. Fantasi. Gaya ini menciptakan fantasi di sekitar produk atau kegunaannya.
4. Suasana hati atau citra ( mood or image ). Gaya ini emnciptakan suasana hati atau citra di sekitar produk.
5. Musikal ( musical ). Gaya ini menunjukkan satu lebih orang atau tokoh orang atau kartun yang menyanyikan lagu tentang produk tersebut.
6. Simbol kepribadian (personality symbol). Gaya ini menciptakantokoh yang mewakili produk.
7. Keahlian tehnis ( technical espertise). Gaya ini menunjukkan keahlian perusahaan dalam menghasilkan produk.
8. Bukti ilmiah ( scientific evidence ). Gaya ini menampilkan hasil survei atau buku ilmiah tentang keunggulan produk.
9. Bukti atau dukungan testimonial. Gaya ini menampilkan sumber yang sangat dapat dipercaya dan disukai yang mendukung produk tersebut.
Tone dalam iklan jelas diperlukan. Iklan yang dibuat harusmenggunakan kata-kata yang mudah dan terutama menarik perhatian. Riset menunjukkan, konsumen cenderung mudah mengingat sebuah produk hanya karena tone iklannya yang menarik.
1. Ilustrasi ( illustration ), harus cukup kuat agar bisa menarik perhatian audience.
2. Judul ( headline) harus secara eefektif menarik orang yang tepat bersedia membaca teksnya.
3. Teks (copy), bagian utama tulisan iklan, harus sederhana tetapi kuat dan meyakinkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar