Sabtu, 15 Januari 2011

Arti dari Logo Unilever

Arti dari Logo Unilever

Logo Unilever didesain menggunakan elemen gambar kecil-kecil mewakili konsep ratusan brand produk Unilever. Keseluruhan gambar kecil-kecil itu membentuk huruf ‘U’.
Didesain oleh agensi Lowe LDB Sri Lanka tahun 2004. Lilamani Dias Benson, pemimpin Lowe LDB mengatakan, berdasarkan konsep vitality, logo tersebut sekaligus ingin menyimbolkan: ‘U’ can make a difference.
Mangkuk: masakan yang mengundang selera. Juga melambangkan makanan siap saji, minuman panas atau sup.
Cairan: berhubungan dengan air bersih dan kemurnian.

Hati: simbol cinta, perhatian/perawatan dan kesehatan.
Bibir: simbol dunia kecantikan, penampilan yang menarik dan citarasa.
Matahari: simbol utama dari vitalitas. Konsep dasar brand Unilever.
Tangan: simbol sensitivitas, pemeliharaan dan kebutuhan. Melambangkan kulit dan sentuhan.
Bunga: melambangkan wewangian.
Bumbu dan penyedap rasa: melambangkan rasa pedas atau kandungan makanan yang segar.
Wadah penyimpan: simbol packaging – botol krim diasosiasikan dengan perawatan tubuh.
Partikel: berhubungan dengan ilmu pengetahuan, gelembung, suara desisan.
Es krim: hiburan, kesenangan, kenikmatan.
Lebah: melambangkan penciptaan, penyerbukan, kerja keras, keragaman makhluk hidup.
Rambut: simbol kecantikan dan penampilan yang menarik.
Saus/selai: melambangkan pencampuran rasa, penambah rasa.
Ikan: makanan, laut atau air segar.
Pakaian: melambangkan cucian yang bersih dan penampilan yang menarik.
Teh: tumbuhan / sari tumbuh-tumbuhan seperti (contohnya) teh, juga menyimbolkan pertumbuhan, pertanian.
Kilauan: bersih, kesehatan, berkilau.
DNA: double helix, cetak biru kehidupan dan simbol ilmu alam, kunci hidup sehat.
Pohon jenis palem/kelapa: sumber alam, juga menyimbolkan taman firdaus.
Sendok: simbol nutrisi, citarasa dan memasak.
Ombak: menyimbolkan kebersihan, kesegaran dan tenaga.
Tanaman: simbol kesegaran, kristal salju: melambangkan pembekuan (pengawetan). Simbol perubahan bentuk.
Daur ulang: komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan.
Burung: simbol kebebasan, keluar dari rutinitas kerja.
Sumber: Buku ‘Mendesain Logo’ karya Surianto Rustan, S.Sn

2 komentar: