Rabu, 05 Januari 2011

Facebook Marketing: Memanfaatkan Facebook untuk promosi

Dengan  jumlah user dari Indonesia mencapai 7 juta lebih (Pada saat saya menulis blog ini), tentunya Facebook merupakan pilihan menarik untuk melakukan promosi. Selain itu dengan Facebook kita dapat membuat promosi yang murah dan tepat sasaran. Pada artikel ini saya akan menjelaskan fitur-fitur apa saja dari facebook yang dapat kita manfaatkan beserta dengan keunggulan dan batasan-batasannya.
1. Facebook Profile
Titik awal kehadiran Anda di Facebook adalah halaman profil. Halaman profil merupak tempat untuk mengekspresikan minat Anda terhadap suatu produk, merek, atau perusahaan. Memanfaatkan Personal Info, Info Kerja, Foto, dan aplikasi-aplikasi untuk  mempromosikan merek Anda. Posisikan profile pribadi anda sebagai brand ambasador dari merek/produk Anda. Dan sebaiknya Anda tidak menggunakan Facebook profile sebagai profile perusahaan Anda, karena ada batasan tertentu dari Facebook Profile, yaitu Anda hanya dapat mempunyai 5000 teman. Untuk perusahaan sebaiknyya menggunkan Facebook Page.
2. Facebook Groups
Groups adalah cara yang paling mudah untuk membangun komunitas perusahaan/merek Anda di Facebook. Dengan membuat sebuah grup, anda menciptakan sebuah tempat untuk para pelanggan, mitra, dan teman-teman untuk berpartisipasi dalam percakapan di sekitar merek Anda. Facebook Group mempunyai fitur untuk posting topik diskusi, foto, video, dan link. Anda juga dapat dengan mudah mengirim berita dan perbaruan untuk anggota grup Anda sesering mungkin – pesan akan mucul Facebook Inbox dari anggota group. Dan Anda dapat membuat Group sebanyak yang Anda inginkan secara gratis.
Dengan Groups Anda juga dapat melakukan promosi dari mulut ke mulut (viral marketing). bila seserorang menjadi anggota group Anda, ia akan dengan mudahnya mengundang temannya untuk bergabung juga. Apabila group anda menarik, pertumbuhan jumlah anggotanya akan cepat sekali.
Lalu apa kelemahan dari Groups? Yang pertama adalah Facebook akan menghilangkan kemampuan untuk menyebarkan pesan apabila jumlah anggota melebihi suatu jumlah tertentu (1000-1500). Yang kedua, bila group Anda menjadi populer maka akan menjadi target spammers untuk mempromosikan produk mereka. Kelemahan yang terakhir adalah anda tidak dapat menambahkan aplikasi ke dalam group.
3. Facebook Pages
Facebook Pages merupakan fitur Facebook yang dikhususkan untuk bisnis, pada dasarnya serupa dengan groups, namun memilki kelebihan yaitu:
  • Anda dapat mengkustom Page, dengan menambahkan HTML, Flash dan Applikasi Facebook sehingga tampilan Page akan lebih menarik dan mencerminkan merek/produk Anda,
  • User dapat mnejadi fans dari Page dan tidak ada limit jumlah fans.
  • Setiap posting di halaman Page akan mendapat tempat lebih baik di halaman profil Fans
  • Facebook akan menghilangkan Page suatu produk yang tidak di buat oleh orang yang berwenang (dari perusahaan Anda)
4. Facebook Event
Meruapakan Aplikasi Facebook untuk mempromosikan Marketing Event, dapat digunakan oleh semua user Facebook. Event hampir mirip dengan Group, dimana akan ada halaman khusu untuk event denganl Wall, diskusi, foto , video dan link. User dapat mengundang teman-temannya untuk mengunjungi event tersebut.
5. Notes dan Photo
Dengan Note kita dapat menulis mini blog dan membaginya dengan teman-teman kita, demikian juga dengan photo. Kita dapat menggunakannya untuk memposting konten menggenai merek/produk kita, tapi lakukan dengan halus jangan terlalu menjual agar kredibilitas kita terjaga.
Yang menarik dari applikasi Photo&Note adalah kemampuan untuk melakukan tagging, yaitu menandai teman kita yang ada di dalam photo/note tersebut dan mereka akan mendapat notifikasi.
Dengan sedikit kreativitas kita dapat menyebarkan Brand kita secara lebih efektif melalui kedua applikasi tersebut.
6. Messages
Messages adalah internal email di dalam Facebook. Kita dapat menggirimkan pesan ke user lain yang merupakan teman kita. Namun kita harus berhati-hati agar tidak terlalu sering mengirimkan pesan ke semua teman kita, karena hal ini akan di anggap spam oleh Facebook dan akun kita akan di bekukan.
7. Marketplace
marketplace adalah semacam iklan baris di dalam facebook. Kita dapat memposting barang yang akan kita jual dan juga memposting pemberitahuan bahwa kita mencari suatu produk. Fasilitas ini gratis untuk memposting dalam network kita. Apabila hendak memposting di luar network, kita dikenakan biaya 1US$ untuk setipa network.
Namun berdasarkan pengalaman posting di marketplace tidak akan mendapat respon yang baik.
8. Facebook Share/Posted Items
Facebook share adalah aplikasi facebook yang membuat kita dapat mempromosikan Group, Event, Photo , Link atau aplikasi dengan mengirimkannya langsung ke Inbox teman kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar