Kamis, 08 November 2012

Tahsin Metode SYABANA



KEUNGGULAN METODE SYABANA:
* Menggunakan Metode Kisah/Struktural Analitik SIntetik (SAS) sehingga pesan lebih mudah dicerna dan divisualisasikan
* Menggunakan Metode Kitabah/Kinestetik dengan pengulangan untuk memperkuat daya ingat
* Menggunakan Metode Amtsal/Analogi
* Praktis, Sistematis dan Interaktif
* Belajar tajwid lebih mudah dengan kode warna dan rumus-rumus praktis tajwid


Seseorang dikatakan mahir dalam membaca Al-Qur'an jika dia memiliki kemampuan dasar dalam membaca Al-Qur'an. Ada tiga hal kemampuan dasar yang dijelaskan dalam tiga langkah mudah belajar membaca Al-Qur'an.

1. Menghafal dan menguasai huruf hijaiyah
Metode yang digunakan adalah metode rangkaian cerita yang disusun berdasarkan huruf-huruf hijaiyah dan dibaca berulang-ulang. Pengenalan terhadap tanda vokal dan tanda baca lainnya yang disusun berdasarkan urutan alphabet Arab. Kemudian, pengenalan vokal panjang, tanda mati dan tanda huruf ganda. Semua cara tersebut dikemas dalam penyampaian yang aplikatif sehingga memudahkan kita dalam menghafal dan menguasainya.

2. Melancarkan dan mampu merangkai kata menjadi sebuah ayat
Pada pelajaran ini, kita akan mengetahui prinsip-prinsip dasar penggabungan kalimat, huruf-huruf yang dilewat dalam bacaan, serta cara pembacaan lafadz Allah. Kemudian, dijelaskan pula prinsip-prinsip dasar menghentikan suatu bacaan. Dengan metode analogi, insya Allah akan memudahkan kita dalam mempelajarinya.

3. Menguasai hukum atau kaidah-kaidah tajwid dengan kode warna
Langkah terakhir pada program ini adalah menguasai hukum tajwid dengan pendekatan kode warna yang terdapat dalam mushaf Syaamil Al-Qur'an Tajwid. Pada langkah ini, kita akan dibimbing terhadap pengenalan kode-kode warna yang menunjukkan hukum tajwid tertentu sehingga membantu dalam upaya membaca Al-Qur'an secara tartil.

Selain itu, dijelaskan pula ayat-ayat yang memiliki tanda-tanda dan karakter bacaan khusus, bagian-bagian apa saja yang terdapat dalam Al-Qur'an, dan tips menarik seputar Al-Qur'an.

Info selengkapnya:
http://muslimarket.wordpress.com/al-quran/syaamil-al-quran-miracle-the-refere...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar