Rabu, 05 Januari 2011

bisnis plan

Bagi Anda yang hendak mengembangkan diri Anda di bidang bisnis mandiri, maka menyiapkan perencanaan bisnis alias business plan, perlu jadi perhatian utama. Untuk itu ada beberapa poin utama yang bisa dijadikan pegangan untuk menyusun business plan ini, yakni:
1. Latar Belakang: Perusahaan, Pemasaran, dan Keuangan
2. Visi dan Misi
3. Kepemilikan Saham Perusahaan
4. Jenis Bidang Usaha
5. Strategi dan Implementasi
Dari kelima poin di atas, masing-masing kemudian dijabarkan secara lebih detil dan disusun semacam proposal. Bukan berarti proposal tersebut nantinya ditawarkan ke pihak luar, melainkan untuk intern sendiri proposal ini haruslah tetap disusun.
Misalnya saja untuk latar belakang, maka nama perusahaan, simbol/logo, arti dan makna dari nama/logo perusahaan tersebut harus dideskripsikan. Kemudian dari sisi pemasaran, business plan ini harus mencerminkan kebutuhan pasar (market needs), target pasar (market target), juga prediksi pasar (market prediction) dari awal perusahan didirikan, tahun pertama, sampai tahun kesekian yang ditargetkan.
Sementara itu untuk keuangan secara transparan harus memperlihatkan kemampuan keuangan awal perusahaan sampai perhitungan lamanya tahun balik modal atau break event point dapat dicapai.
Demikian juga poin-poin berikutnya harus secara detil dijabarkan dalam business plan yang disusun tersebut. Penyusunannya tentu saja tidak bisa melupakan dari visi dan misi utama perusahaan tersebut. Untuk itu menjelaskan secara jelas dan lengkap visi dan misi perusahaan menjadi bagian sangat penting.
Meskipun visi dan misi ini biasanya bersifat idealistik, namun bukan berarti tidak realistik. Karena hakekat penyusunan perencanaan bisnis ini benar-benar harus dilakukan dengan perhitungan yang sangat riil dan tidak mengawang-awang.
Indikator pentingnya menyusun business plan ini bisa dilihat dari makin banyaknya pihak yang mengadakan seminar, konsultasi dan pelatihan khusus untuk pembuatan perencanaan bisnis ini. Meskipun sebenarnya Anda bisa menyusunnya sendiri, dengan berdasarkan poin-poin utama yang ada di atas. Sudah siap menyusun your own of business plan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar