Rabu, 05 Januari 2011



Jogja Broadway:
Pangeran Bintang dan Putri Embun

Pertunjukan perdana Jogja Broadway tinggal dalam hitungan hari. Pertunjukan ini dirancang sebagai salah satu ikon wisata di Jogja, terutama wisata pertunjukan.

Dengan diagendakan akan diadakan dua kali dalam satu tahun pada musim liburan, Jogja Broadway berusaha untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda di setiap agendanya. Untuk kali ini, Jogja Broadway akan menyuguhkan "Pangeran Bintang dan Putri Embun" sebagai pertunjukan perdananya.

Bekerja sama dengan seniman-seniman pantomime muda Jogja yang tergabung dalam Bengkel Mime Yogyakarta, Garasi Enterprise akan menyuguhkan sebuah pertunjukan imajinatif - gabungan gerak, lagu, dan drama yang menawan hati. Penampilan mereka akan didukung pula oleh seniman-seniman Teater Garasi, sebuah kelompok teater dari Jogja yang telah melalang ke berbagai panggung di mancanegara.

Tak hanya itu, pertunjukan Jogja Broadway akan semakin lengkap dengan hadirnya Artist Merchandising Exhibition dan beberapa supporting agenda.

Pangeran Bintang dan Putri Embun

Pangeran Bintang dan Putri Embun adalah sebuah dongeng modern. Kisah cinta yang romantis sekaligus komikal dengan tokoh-tokoh yang sama sekali tak pernah dibayangkan sebelumnya. Sebuah negeri yang dihuni oleh alat-alat rumah tangga (Kakek Meja, Nenek Kursi, Mat Panci, Detektif Jemuran, Pangeran Wajan) dongeng akan tercipta di atas panggung Societet Sriwedani.

Di negeri itulah kisah cinta Pangeren Bintang dan Putri Embun tumbuh dengan indah. Sebuah kisah cinta yang penuh tantangan dan kejutan. Bagaimanakah akhir dari perjalanan kisah cinta mereka? Hanya Fredy yang tahu, seorang pemuda desa yang sederhana.

Pangeran Bintang dan Putri Embun akan membuka petualangan Jogja Broadway di panggung Yogyakarta. Pertunjukan ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-16 Januari 2011, pukul 16.00 WIB atau 20.00 WIB, di Taman Budaya Yogyakarta. Digarap oleh Garasi Enterprise, pertunjukan ini akan menjadi awal dari agenda tahunan Jogja Broadway sebagai alternatif tujuan wisata.

Artist Merchandising Exhibition

Konsep dari acara ini adalah memperkenalkan karya seniman kepada khayalak umum di lobby Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta sebagai acara pendukung dari pertunjukan "Pangeran Bintang dan Putri Embun". Karya-karya unik dari enam label akan dipajang di booth khusus. Tak hanya sebagai pajangan yang boleh dilihat, karya-karya yang dipamerkan dalam acara ini juga dijual untuk umum.

Label-label yang akan hadir pada acara ini adalah:
1. Kedai Kebun Forum (KKF)  
2. Fight for rice (FFR)  
3. Whatever  
4. Keidite 
5. Ojanto
6. Garasi Shop

Nyalakan (Seni) Tradisimu

Acara ini akan diadakan pada tanggal 7-8 Januari 2011 pukul 15.00-18.00 di halaman dan lobby Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta. Acara yang diprakarsai oleh Kampung Halaman dan didukung oleh Ford Foundation ini merupakan integrasi dari hasil 'Penelitian Revitalisi Seni Tradisi dan Pertunjukan Lokal di Indonesia' dengan program 'Anak Muda dan Seni Tradisi' melalui satu program sosialisasi dan publikasi laporan. 

E-book, e-graphic novel book, dan video dokumenter kolaboratif yang menceritakan jalan dan konteks program 'Anak Muda dan Seni Tradisi' di Tembi (Yogyakarta), Singgahan (Ponorogo), dan Tambi (Indramayu) akan dipertunjukkan di Nyalakan (Seni) Tradisimu.

Pembukaan yang diselenggarakan pada tanggal 7 Januari 2011 akan menyuguhkan beberapa performance art, pameran, video dokumenter, peluncuran komik dan e-book, serta bagi-bagi 100 tiket gratis "Pangeran Bintang dan Putri Embun". Sementara pada tanggal 8 Januari 2011, akan diadakan diskusi bersama Afrizal Malna (sastrawan dan kritikus seni pertunjukan) dan Ifa Isfansyah (sutradara "Garuda di Dadaku") di Ruang Perpustakaan Lama (sebelah Lobby Societet).

Selama dua hari ini, pertunjukan Pangeran Bintang dan Putri Embun ditiadakan, dan baru akan kembali diselenggarakan pada tanggal 9 Januari 2011.


Siap meramaikan acara Jogja Broadway?

Informasi Tambahan:

Cast dalam "Pangeran Bintang dan Putri Embun"

Umi Lestari                                    : Puteri Embun
Hindra Setya Rini                          : Dewi Bulan
Nunung Deni                                 : Nenek Kursi
Ficky "Thole" Sanjaya                   : Kakek Kursi
MN Qomaruddin                            : Mat Panci
Asita                                                 : Pemuda Wajan
Rendra Bagus Pamungkas        : Prajurit Malam
Hambar "Gigon" Riyadi                : Detektif Jemuran
Ari "Inyong" Dwianto                      : Pangeran Bintang
Bahar Sukoco                                 : Anjing Besi
Yuniawan "Gembezz" Setyadi      : Adek Bunga

stand in player for Hindra Setya Rini : Rena Amalina
Director                          : Andy SW
Creative Producer        : Yudi AT

Untuk informasi yang lebih lengkap, klik 
www.JogjaBroadway.com / www.jogjabroadway.blogspot.com
Untuk informasi terbaru, ikuti @JogjaBroadway di twitter.
sumber : http://www.indonesiakreatif.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar