Kamis, 04 Agustus 2011

Purple Ocean


Begitu banyak sumber dan para pakar yang sekarang ini terus menebarkan pemahaman ilmu untuk mencari peluang bisnis baru di area blue ocean atau bisa kita sebut sebagai sebuah pasar yang belum terjamah pebisnis/produk lain. Hal ini memang betul adanya, tetapi sebenarnya ada satu segi yang bisa kita masuki pula selain tetap diam dan terkikis di red ocean atau tergopoh-gopoh mencari modal untuk membuka blue ocean, yaitu the purple ocean.. area di antara red ocean dan blue ocean. Apa maksud the purple ocean?

Secara singkat kita tilik kasus C1000, di mana dia memasuki area pasar the purple ocean itu.. di mana satu area pasar yang jelas-jelas bukan red ocean (jenuh) tetapi telah teredukasi atau telah ada pemain yang lebih dulu membuka pasar blue ocean tersebut. Produk tersebut tentu saja You C 1000. Sebelumnya produk vitamin C cenderung diasumsikan orang lebih mendekati pada kategori obat, di mana bisa kita lihat perihal pendistribusian di berbagai supermarket, produk vitamin C, seperti Redoxon, Vitacimin, dll diletakan berdekatan dengan produk-produk kesehatan dan counter obat-obatan.

Tetapi secara baik sekali You C 1000 memposisikan produk vitamin C sebagai sebuah minuman yang bisa diminum kapan saja, dan menciptakan sebuah lifestyle tersendiri untuk mengkonsumsi vitamin C setiap harinya secara teratur. Dengan adanya penciptaan pasar yang baru, yaitu para masyarakat yang senang mengkonsumsi vitamin C sebagai sebuah minuman ringan (sehari-hari), maka terbentuklah apa yang disebut dengan the purple ocean.

Para konsumen di area ini telah teredukasi dengan baik tentang kategori produk dan menciptakan suatu ketergantungan terhadap penciptaan lifestyle itu sendiri, tetapi belum jenuh seperti di red ocean. Maka dengan terang-terangan, pihak Sido Muncul (SM) mengeluarkan suatu produk sejenis yang memang terinspirasi dari adanya produk You C 1000 (Kesuksesan You C 1000 pun menginspirasi Irwan Hidayat, Presiden Director PT. Sido Muncul, untuk melundurkan produk sejenis – SWA No.23/XXII/2-15 November 2006, halaman 74).

Hal semacam ini di satu sisi menjadi semacam penciptaan produk me too, tetapi dari segi bisnis hal ini merupakan satu kesempatan yang patut untuk dimanfaatkan, karena pasar yang dibidik telah teredukasi dengan baik sehingga tidak membutuhkan adanya pengeluaran budget tersendiri-yang tentunya tidak sedikit- untuk memperkenalkan kategori produk baru. Di lain sisi, pasar di kategori produk tersebut belum jenuh terhadap keragaman produk serupa. Terlebih di antara penciptaan ketergantungan para konsumen terhadap produk sejenis, produk pendatang (dalam hal ini C 1000) bisa menawarkan benefit yang serupa dengan harga yang lebih low. Jadi, bukan mustahil para konsumen berpindah bukan?

Tetapi hal ini tentu saja tidak didiamkan saja oleh You C 1000, karena penanaman brand orisinil dan eksklusivitas tetap bisa mempengaruhi pertimbangan para konsumen dalam mengkonsumsi produk. Jadi, baik bagi pemain pioneer atau pengikut, sama-sama harus memiliki strategi dan pemikiran yang jauh ke depan untuk tetap bisa bersaing dalam menjual produk mereka.

So.. start to think about that other ocean anyway..
http://creasionbrand.blogspot.com/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar