Sabtu, 06 Agustus 2011

Kontes Kecantikan di Facebook

Panasonic Indonesia saat ini sedang menjalankan kontes kecantikan yang tidak biasa, karena venue pelaksanaannya murni dilakukan di Facebook Page-nya.  Aktivitas kontes ini menggabungkan unsur netizen, women, dan youth (kalau dilihat dari kacamata New Wave Marketing). Kontes bernama Panasonic Zoom in Beauty Contest ini hanya terbuka untuk perempuan 18-25 tahun dan spesifik hanya bisa dilihat di Facebook.

Katanya, untuk menang dalam kontes ini, setiap peserta harus menyelesaikan 3 tahap penilaian, yakni Beauty Challenge (kecantikan), Brain Challenge (kecerdasan) dan Talent Challenge (bakat). Proses Beauty Challenge sudah berlangsung, dan kini di Facebook Page Panasonic Indonesia sudah bisa dilihat 50 finalis terpilihnya. Untuk tahap Brain Challenge, setiap finalis kini diminta oleh juri untuk menjawab pertanyaan. Jawabannya kini sudah bisa dilihat di masing-masing profil finalis. Tahapan berikutnya yang belum tahu akan dimulai kapan, Talent Challenge, adalah saat setiap finalis diminta untuk menunjukkan kreativitasnya melalui video.
Ketiga pemenang utama nantinya akan mendapatkan produk dari Panasonic, yaitu televisi Viera, kamera Lumix seri FP1, produk kecantikan Kurukuru, kesempatan untuk menjadi model dalam video demo produk Panasonic serta menjadi special guest pada Panasonic Gobel Awards. Tambahan hadiah utama bagi pemenang juara pertama dan kedua akan mendapatkan trip ke Jepang.
Salah satu kriteria penlian adalah dari vote. Pengguna Facebook bisa memilih finalis yang disukainya. Setiap halaman profil finalis ini selain menampilkan profil, juga menampilkan tautan blog (kalau punya) dan profil Facebook-nya. Setiap finalis didorong untuk mengajak teman-temannya mengirim vote. Caranya pun sudah dimudahkan. Tinggal klik share ke Facebook atau Twitter Seharusnya, kalau si finalis aktif di social media, ia berpeluang mendapatkan vote yang banyak pula. Ajang ini melebar ke Twitter. Terlihat beberapa finalis mengajak teman-temannya untuk membantu mengirimkan vote.

Perempuan muda tentu melihat ini sebagai ajang membangun eksistensi diri. Mereka tentunya tertarik akan program-program yang bisa membuat mereka terkenal, apalagi kesempatan menjadi model/talent iklan. Merupakan kesempatan baru bagi mereka yang (mungkin) belum tahu akan melakukan apa saat lulus kuliah nanti. Mungkin anxiety ini yang mendorong perempuan muda yang aktif di ranah daring untuk ikut mendaftarkan diri. Isunya, sebelum akhirnya disortir menjadi 50 finalis, ada lebih dari 1.400 pendaftar dari seluruh Indonesia.
Kalau menurut kalian bagaimana? Apakah kontes kecantikan ala Panasonic Zoom In Beauty Contest ini akan menjadi tren kontes di tahun 2011? Mungkinkan pola serupa diterapkan pula untuk memilih Putri Indonesia?

http://media-ide.bajingloncat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar