Sabtu, 06 Agustus 2011

Aksi Donasi Brand di Social Media

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap memasuki bulan Ramadhan, banyak brand menunjukkan kepeduliannya melalui program CSR mereka. Bedanya di tahun 2011 ini, ada beberapa brand yang mulai menjadikan kanal social media (Twitter dan Facebook) sebagai medium CSR mereka. Hingga saat ini (yang terdeteksi) sudah ada 4 brand lokal yang melakukan aktivitas CSR mereka dengan mekanisme yang berbeda-beda.

1. Dove Indonesia – Real Care
Aksi Dove ini yang paling menonjol. Mereka mengajak pengguna Twitter untuk berdonasi melalui tagar #realcare. Setiap tweet dengan #realcare akan dikonversi menjadi donasi sebesar Rp.1.000,00. Dengan tanpa mengandalkan buzzer sama sekali, informasi ini menyebar dari tweet ke tweet. Dove juga akan menyumbangkan Rp.5.000,00 untuk setiap pengguna Twitter dan Facebook yang mau memasang twibbon Real Care di avatar mereka.
Sebagian besar isi tweet yang muncul memang sebagian tidak menunjukkan korelasi dengan makna #realcare yang dimaksud oleh brand. Meskipun demikian, tagar #realcare ini semalam sempat sejenak masuk menjadi salah satu worldwide trending topic. Hihihi, mudah-mudahan bujet donasi brand bisa menutupi ribuan tweet yang bermunculan dalam semalam.
Nantinya hasil sumbangan akan digunakan untuk membantu pendidikan anak-anak Indonesia, melalui Yayasan Cinta Anak Bangsa – HoPe program yang sudah dipilih oleh PT Unilever Indonesia, yang menjadi induk brand Dove.

2. LG – Cup of Faith
Sebelumnya LG pernah membuat program CSR Share The Joy di Facebook. Melalui Facebook, setiap pengguna yang me-like LG akan terkonversi menjadi batu bata virtual. Setiap batu bata yang terkumpul ini akan dipakai untuk membangun tempat belajar bagi anak jalanan di Bekasi.

alu di bulan Ramadhan ini, LG kembali membuat program CSR mereka yang kedua, yakni Cup of Faith. Kali ini setiap tweet dengan tagar #cupoffaith akan dikonversi oleh LG menjadi 1 mangkuk beras 250 ml. Setiap fans Facebook juga bisa melakukan kontribusi serupa dengan membuka aplikasi Cup of Faith dan menekan tombol donasi. Total mangkuk beras yang disumbangkan bisa dicek langsung di Facebook Page LG.

3. Gery Chocolatos
Sejujurnya aksi kepedulian yang dilakukan brand ini agak aneh. Katanya setiap follower akun ini akan dikonversi menjadi Rp.500,00, yang nantinya akan disalurkan kepada ribuan anak jalanan. Dengan jumlah follower akun ini sekarang yang sebanyak 17.000, berarti minimal sumbangan yang akan diberikan adalah sekitar 8,5 juta.
Aksi serupa dahulu kala pernah dilakukan oleh @indonesiaberdoa, yang kala itu mengkonversi setiap follower-nya dengan Rp.25,00. Kesan yang ditimbulkan dari aksi @indonesiaberdoa saat itu adalah adanya rasa pamrih saat melakukan sumbangan. Entahlah apakah kesan serupa ini muncul pula di aksi yang dilakukan oleh Gery Chocolatos. Menurut kalian bagaimana?

4. ABC Dapur Peduli
Yang dilakukan oleh ABC Dapur Peduli mirip dengan Gery Chocolatos. Setiap 3 follower akan dikonvesi menjadi sumbangan makan untuk 1 kaum dhuafa. Berbeda dengan Gery Chocolatos, aksi yang dilakukan ABC Dapur Peduli ini terlihat jauh lebih nyata. Bentuk sumbangannya langsung jelas dalam bentuk makanan, dan itu pun langsung dilakukan sore setiap harinya. Aksi ini pun langsung diinformasikan melalui Twitter, lengkap dengan foto dokumentasinya.


Pilihan berdonasi di social media kini semakin banyak. Tinggal terserah nih mau mencoba yang mana. Yang jelas, bagi kita yang ingin berdonasi, sebaiknya kita pastikan dulu hasil donasi ini akan disumbangkan dalam bentuk apa dan kepada siapa.
Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.
sumber
http://media-ide.bajingloncat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar