Sabtu, 06 Agustus 2011

Banjir Customer dengan Strategi Cross Marketing


Berhasilnya sebuah usaha pemasaran tidak selalu harus menyediakan produk atau layanan unik. Namun, keberhasilan mereka berkembang berdasarkan basis pelanggan melalui pemasaran yang efektif, dan memberikan keunggulan layanan, dukungan dan tindak lanjut untuk memberikan sebuah pengalaman yang berbeda bagi  pelanggan dan membuat mereka datang kembali.
Cross marketing merupakan upaya untuk memperluas basis pelanggan dengan cara yang efektif, yakni dengan melakukan kerjasama antara dua perusahaan yang sama-sama memiliki basis pelanggan dengan demografis sama. Demografis yang dimaksud misalnya tingkat usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi dan penghasilan.
Cross marketing tidak memberikan voucher gratis bagi pelanggan untuk kunjungan berikutnya ke toko Anda. Namun memberikan program belanja bagi pelangganya ke perusahaan lain yang telah bekerja sama.
Misalnya sebuah supermarket yang telah memiliki ratusan ribu kartu member, memberikan penawaran diskon layanan salon dan spa diperusahaan rekanan, hanya dengan menunjukkan kartu member supermarketnya. Ini adalah bentuk promosi yang saling menguntungkan.
Bagi pelanggan, jelas ini adalah nilai tambah yang menggiurkan, hanya dengan satu kartu member, ia akan mendapatkan diskon dibeberapa tempat favoritnya. Bagi supermarket penerbit kartu member, ini sangat penting untuk menjaga agar pelangganya tidak berpindah belanja ke tempat lain, mengingat value added yang akan mereka dapatkan. Bagi perusahaan yang memberikan diskon tentu ini promosi gratis yang paling efektif, tanpa beriklan ke radio, tv, koran atau internet, secara otomatis pelangganya akan bertambah dengan cepat.
Contoh lain misalnya sebuah perusahaan percetakan yang memberikan layanan pembuatan kartu nama gratis bagi perusahaan lain, hanya dengan mencantumkan nama dan nomor telpon percetakan disudut belakang kartu nama tersebut. Nomor telpon percetakan ini, meski hanya dicetak dengan font yang sangat kecil, akan menjadi virus yang beredar dengan sendirinya, kemanapun kartu nama itu singgah. Bisa sampai ke pengacara, dokter, manajer perusahaan pemasaran lain, atau bahkan juga bisa beredar dikalangan ibu-ibu arisan.
Jika kualitas cetak dan desain yang ia buat sangat baik, tentu kartu nama ini bisa berbicara banyak untuk mendatangkan pesanan cetak. Melihat kartu nama yang bagus, tentu akan menimbulkan rasa penasaran untuk mengetahui percetakan mana yang membuat. Dan ini artinya percetakan anda akan kebanjiran order dalam waktu singkat.
Malakukan cross marketing harus memperhatikan beberapa hal diantaranya :
1.  Perusahaan yang bekerjasama bukanlah kompetitor. Perusahaan-perusahaan ini harus memiliki produk yang berbeda, misalnya supermarket dengan salon, spa, fitness center, karaoke, bengkel mobil dan pompa bensin.
2.  Perusahaan ini harus memiliki basis pelanggan dengan demografis sama. Jika supermarket bekerjasama dengan penyedia peralatan berat, tentu tidak akan cocok.
3.  Perusahaan dalam kerjasama ini harus  bisa saling menjaga nama baik perusahaan yang tergabung dalam group tersebut dengan memberikan layanan prima.
4.  Perusahaan yang tergabung harus konsisten dengan program promosi yang dipertukarkan. Misalnya jika syarat mendapatkan diskon 25% layanan spa untuk setiap pelanggan yang menunjukkan member card Supermarket A, maka perusahaan tersebut harus betul-betul memberikanya tanpa banyak  pertanyaan lagi.
5.  Perusahaan yang telah tergabung dalam group tersebut tidak diperbolehkan bergabung dengan group lain yang merupakan kompetitor.
Jika semua berjalan sesuai dengan frame yang telah disepekati, tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berlipat bagi masing-masing perusahaan yang tergabung didalamnya. Cross marketing semakin efektif jika perusahaan-perusahaan yang tergabung telah memiliki awarness yang baik dimata customer, apalagi yang telah memiliki trust yang tinggi.
===========================================
English Version
A successful marketing efforts do not always have to provide unique product or service. However, based on the success of their growing customer base through effective marketing, and provide superior service, support and follow-up to provide a different experience for the customers and make them come back.
Cross marketing is an effort to expand customer base with an effective way, namely by making the cooperation between the two companies that have the customer base with the same demographic. Demographics such as the age level, gender, economic level and earnings.
Cross marketing is not free to give vouchers to customers for the next visit to your store. However, provides a selling program for customer to other companies who have worked together.
For example, a supermarket that has hundreds of thousands of card member, quote discount service salon and spa at partner companies, just show their supermarket member card. This campaign is a form of mutual benefit.
For customers, this is a clear added value that arouse interest, with only one card member, he will get discounts on the favorite shop. For the supermarket member card issuer, this is very important to keep their customer do not shopping move to another shop, considering the value added that they will get. The companies that provide discounts of this campaign the most effective, without advertising to radio, tv, newspapers or the internet, automatically their customer list will grow up fast.
Other examples such as a printing company that provides services of making business cards free for other companies, only with the names and phone numbers printing on the corner back side of the card name. Printing telephone number, although only printed with the font that is very small, will be the circulating virus by itself. Get to the lawyers, doctors, corporate marketing managers, or even can be outstanding mothers club.
If the print quality and design that make it very good, the card can talk to bring a lot of print orders. See a good card, it will cause a feeling curious to know who makes printing. And this means printing your order will be flooded in a short time.
Doing cross marketing must consider several things including:
1. Companies that collaborate are not competitors. Companies must have a different product, such as a supermarket with a beauty shop, spa, fitness centre, karaoke, car garage and gas station.
2. This company must have a customer base with the same demographic. If the supermarkets in cooperation with the heavy equipment, will not necessarily match.
3. Companies in this cooperation must be mutually maintaining a good reputation who joined the company in the group with the prime services.
4. Companies that joined the program must be consistent with the campaign that are exchanged. For example, if conditions get 25% discount spa services for each customer which showing the member card Supermarket A, then the company must be truly give it without a lot of questions again.
5. Companies that have joined in the group is not allowed to join the competitor groups.
If all goes according to the frame that has been agree on, of course will bring the benefits of the respective companies are incorporated therein. Cross marketing more effective if companies have joined have good awarness, let alone who has high trust level.

http://marketingtulen.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar