Jumat, 04 Februari 2011

PROPOSAL HIDUP

Proposal Hidup


PROPOSAL HIDUP
Sumber : Buku karya Jamil Azzaini yang berjudul “TUHAN, Inilah Proposal Hidupku”
Mungkin bagi para mahasiswa dan pekerja sudah tidak asing lagi yang namanya membuat proposal, baik proposal kegiatan, proposal pengajuan dana, proposal proyek, dan proposal Tugas Akhir/Poyek Akhir. Hal-hal seperti kegiatam proyak, dan TA merupakan hal yang kecil jika dibandingkan kehidupan kita. Dan ini berarti kita sebagai pihak yang melakoni kehidupan seharusnya memiliki proposal kehidupan yang kita buat untuk diajukan kepada Allah SWT. Ya, kita diharuskan untuk merencanakan kehidupan kita, jangan sampai seorag muslim memiliki motto hidup “mengalir seperti air”. Tujuannya membuat proposal hidup agar hidup terarah,  memiliki tujuan yang jelas, perencanaan yang matang,sehingga bisa fokus terhadap goal yang kita inginkan.
Nah, bagaiman sih tahapan agar kita bisa membuat proposal hidup, mas Jamil Azzani dalam bukunya membaginya menjadi 5 tahap :
Tahap 1
Sadarilah bahwa ANDA ADALAH MASTERPIECE
Ya, kita, manusia adalah ciptaanNYA yang sempurna, kita adalah khalifah di bumi ini. Dan Allah menciptkana kita dengan karakter, fisik, jalan hidup, nikmat, ujian, fikiran, kecerdasan, kemampuan, kedewasaan yang pasti berbeda dengan orang lain, dan tak mungkin ada yang sama persis seperti kita. Analoginya seperti benda, benda-benda erkualitas tinggi biasanya limited addition dan juga memiliki harga yang mahal, nah, sekarang apalagi saya, anda, hanya satu-satunya di muka bumi ini! Inilah yang akan membuat kita sebagai MASTERPIECE.
Namun, ke-masterpiece-an seseorang bukan hanya diukur dari segi materi yang dimiliki, tapi ada hal-hal yang tidak bisa diukur dengan materi. Coba lihat keseluruh tubuh Anda, lalu saya akan menanyakan, “Berapa harga pendengaran Anda?”, “berapa harga penglihatan Anda?”, “berapa harga keahlian Anda?”… yang pasti tak ternilai!
Contoh lainnya,
1.Ary Ginanjar penemu metode ESQ
ESQ adalah training kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dengan tujuan membentuk karakter tangguh dan memadukan konsep Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ).
ESQ kini telah melakukan training di berbagai macam tempat baik di dalam Indonesia dan di Luar negeri, ESQ memiliki tujuan untuk menjadikan Indonesia Emas pada tahun 2020.
Harga : TAK TERNILAI


2. Jamil Azzani seorang inspirator SuksesMulia
Jamil Azzani adalah Direktur PT Kubik Kreasi Sisilain yang juga sebagai penulis buku / woorkbook yang berjudul “TUHAN INILAH PROPOSAL HIDUPKU”, beliau pun menulis 2 judul buku lainnya yang best seller yaitu “Kubik Leadership” (Gramedia), dan “Menyemai Impian Meraih Sukses Mulia” (Gramedia)
Gagasan dan pemikiran beliau yaitu untuk sukses mulia yang mampu menginspirasi dan mendorong 5 juta, dan untuk itu beliau membuat gerakan SuksesMulia.
Harga : Tak ternilai
Tahap kedua
Tetapkan prestasi terbaik yang akan Anda Raih
Janganlah menjadi ulat-ulat yang hanya berkutat di situuuuuu saja, bekerja hanya mengikuti kebiasaan di masyarakat, tidak memilki inovasi untuk mencari celah peluang lain. Maka, tulislah prestasi terbaik yang ingin Anda capai dalam hidup Anda. Cara penulisan prestasi terbaik yang benar harus spesifik bentuk prestasinya dan waktu tercapainya.
Tahap ketiga
Jadilah seorang expert
Bukan hanya sorang yang ahli atau profesional tapi lebih dari itu, yaitu expert. Anda dapat menjadi expert dengan hal yang Anda sukai dan biasanya akan mendatangakan penghasilan bagi Anda. contohnya ada orang yang Expert di bidang bisnis On-Line, ada juga yang Expert dalam obat-obatan tradisional, dan lain-lain. Nah, lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang yang Expert?
a. Curahkan waktu untuk meningkatkan expert Anda
b. Carilah guru Expert, spritual dan kehidupan
c. Bersahabatlah dengan orang yang mendukung Anda
Tahap keempat
Sempurnakan kehidupan Anda
Sepurnakan hidup Anda untuk mencapai ke-Expert-an yang labihbaik, seperti kehidupan spiritual Anda, kehidupan sosial, keuangan, dan lain-lain
Tahap kelima
Sempurnakan Lingkungan Anda
Sampaikan propsal kehidupan Anda mulai dari orang-orang di rumah Anda, lalu jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikan proposal kehidupan Anda kepada orang lain yang Anda anggap spesial. Dan tak lupa selalu berdoa dan mensyukuri keberhasilan dalam setiap tahap
untuk lebih jelas dan rinci Saya menyarankan untuk membeli WORKBOOK “TUHAN INILAH PROPOSAL HIDUP SAYA” karya Jamil Azzani terbitan Gramedia dengan harga Rp.35.000

Dibuku ini Anda akan dipaksa untuk menuliskan setiap tahap diatas langsung di buku TUHAN INILAH PROPOSAL HIDUPKU, sehingga sangat aplikatif. Alahamdulillah saya diberikan rezeki oleh Allah unuk mendapatkan buku ini gartis saat seminar sebagai hadiah Doorprize. dan Two Thumbs Up for this book ^_^
sekian untuk resume Seminar pertama, semoga bermnafaat, dan mari mulai membuat proposal hidup kita ^_^
Sumber : Materi Seminar , Buku TUHAN INILAH PROPOSAL HIDUPKU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar