Kamis, 24 Februari 2011

csr program marketing


 CSR http://thinksmarthink.blogspot.com


CSR atau kepanjangan dari Corporate Social Responsibilitysering dianggap perusahan sebagai aktivitas yang kurang penting dan cenderung menjadi ajang aktivitas untuk "buang-buang duit" karena tidak menghasilkan profit sama sekali dan kontribusi bagi perusahaan. dan dapat dilihat bagaimana perkembangan CSR saat ini, akibatnya kegiatan ini sangatlah kurang berkembang. kegiatan masih sebatas pada pemberian donasi atau sumbangan, tanpa efek yang berlanjut yang nantinya juga akan berdampak kepada lingkungan ekonomi dan sosial dalam jangka panjang, sebaliknya CSR jika diolah sedemikian rupa dapat dijadikan strategi bagi perusahaan.

ada beberapa penyebab keengganan perusahaan menerapkan CSR di dalam perusahaannya :
  1. tujuan perusahaan adalah untuk menciptakan profit. oleh karenanya, CSR-aktivitas yang secara gamblang tidak memberikan keuntungan tentu saja tidak akan menarik bagi perusahaan.
  2. kurangnya tekanan dari eksternal misalnya dari pasar sendiri maupun dari regulasi yang dibikin oleh pemerintah sendiri yang kurang memberikan perhatian kepada CSR
CSR seharusnya dianggap bukan sebagai aktivitas untuk buang-buang duit. CSR harus menjadi bagian dari perusahaan dalam memenuhi tujuannya untuk meningkatkan profit. konsep strategi CSR dapat dilihat seperti konsep di bawah ini :

Strategi CSR adalah pendekatan yang mensinergikan CSR dengan strategi perusahaan secara keseluruhan. sinergi ini diperoleh ketika perusahaan memberi kontribusi pada lingkungan sosialnya sesuai dengan core competency-nya atau kata lainnya adalah CSR harus juga memberikan keuntungan bagi perusahaan.

michael porter mencatat bahwa strategi CSR memiliki potensi untuk berkontribusi pada lima penggerak produktivitas, yaitu investasi, inovasi, 
skill, organisasi dan kompetisi (DTI Economics Paper No. 3).

apa arti bulatan-bulatan diatas. itu menggambarkan bagaimana efek CSR bila dilakukan perusahaan secara sungguh dan terencana bukan sebagai kegiatan dadakan. Strategi CSR dapat mempengaruhi lingkungan hidup, ekonomi, dan social, atau lebih komplitnya dapat dilihat pada bagan di bawah ini

dalam lingkungan hidup misalnya perusahaan dapat menerapkan produk yang ramah lingkungan atau menerapkan pengolahan limbah yang ramah lingkungan atau bisa juga perusahaan memilih penggunaan energi yang ramah lingkungan untuk mengurangi efek dari global warming yang sekarang efeknya sudah mendunia, atau perusahaan peduli terhadap lingkungan misalnya peduli terhadap terumbu karang atau coral reef yang sekarang mulai banyak yang rusak perusahaan misalnya juga dapat berperan aktif di dalam konservasinya
di dalam bidang sosial misalnya perusahaan dapat memberikan kontribusi terhadap para kaum miskin lewat pelatihan-pelatihan dan memberikan akses pendidikan kepada mereka sehingga mereka tidak akan merasa termajinalkan oleh industrialisasi atau perusahaan juga dapat menciptakan sumber daya yang terjangkau bagi masyarakat lemah. di dalam hal ini bisa juga penerapan CSR secara internal yaitu keterpedulian terhadap karyawan perusahaan.
di dalam lingkungan ekonomi atau pasar misalnya perusahaan tetap menjaga hubungan yang baik dengan supplier ataupun distributor tidak malahan mengakali mereka dan mengabuse mereka, tetapi berikanlah penghargaan kepada mereka atas kontribusi mereka terhadap perkembangan perusahaan.
Intinya CSR adalah strategi yang melibatkan keseluruhan daristakeholder perusahaan tidak bisa berjalan sendiri dan terpisah karena ini adalah suatu sistem.
keuntungan dari penerapan strategi CSR ini di dalam perusahaan adalah terciptanya reputasi perusahaan yang baik yang akan memberikan value added bagi perusahaan dalam jangka waktu yang lama, karena ini adalah masalah membangun image perusahaan yang peduli dengan keseluruhan stakeholdernya dan akan mempengaruhi customer dalam membeli produk-produk dari perusahaan tersebut.
CSR sangatlah penting sudah saatnya perusahaan untuk menerapkannya !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar