Minggu, 26 Desember 2010

strategi bisnis sukses 1


Membangun Bisnis yang Sukses

strategi 300x199 12 Faktor Penting Membangun Bisnis yang Sukses
Belajar Strategi Perang
Membangun bisnis tentunya berharap akan berhasil, bukan sebaliknya. Karena Anda adalah bossnya, maka Anda tidak ingin lelah dan terjebak pada rutinitas kerjaan seperti jika Anda masih menjadi karyawan.
Lihat kembali tujuan Anda dalam membangun bisnis, sehingga Anda bisa lebih bersemangat, bisa lebih mencurahkan waktu, uang dan sumber daya untuk keperluan bisnis tersebut.
Berikut ini ada 12 faktor penting dalam menciptakan dan membangun bisnis yang sukses :
1.Membuat visi jangka pendek dan visi jangka panjang yang jelas untuk bisnis Anda. Visi Anda akan memberikan tujuan, dan membantu Anda tetap fokus pada apa yang Anda ingin capai. Visi akan membantu klien Anda mengerti pada bisnis yang Anda bangun, dan menjaga karyawan dan investor, jika ada, terfokus pada tujuan Anda.
2.Pekerjakan orang-orang terbaik, dan mengatur mereka dengan baik. Ketika bisnis Anda berkembang, Anda akan dihadapkan dengan tugas besar merekrut dan mengelola orang lain. Kualitas orang-orang Anda adalah kunci keberhasilan Anda. Menemukan orang-orang yang memiliki gairah dan visi, pada apa yang ingin Anda capai dalam bisnis. Lalu bekerja keras untuk menjaga orang-orang baik. Berinvestasi pada orang-orang Anda, dan mereka akan menghargai pekerjaannya untuk bisnis Anda.
3.Tetap Fokus. Penting untuk mengidentifikasi, dan berkonsentrasi pada aspek-aspek unik yang membuat bisnis Anda luar biasa. Setiap hari, Anda harus lebih fokus pada bagaimana meningkatkan bisnis Anda.
4.Inovasi dan jangan meniru. Berpikir secara berbeda, dan membedakan bisnis Anda melalui konsep atau presentasi. Bisnis Anda unik. Bahkan jika Anda menawarkan produk yang sama, jelas mendefinisikan proposisi penjualan unik Anda, untuk membantu orang melihat perbedaan dengan pesaing Anda.
5.Tetap realistis. Anda telah mendengar statistik bahwa 80 persen dari semua usaha kecil
gagal dalam lima tahun. Hadapi risiko dan batu sandungan yang mungkin menghadang bisnis Anda. Pendapatan mungkin tidak datang secara langsung, tetapi mungkin bertahap. Jadi harap sabar dan realistis.
6.Memiliki pemahaman yang jelas tentang pasar dan pesaing Anda. Bisnis tidak beroperasi keluar dari ruang hampa, dan penting untuk mempelajari sebanyak mungkin mengenai industri, pasar dan para pemain. Iklim pasar, tren pengguna, inovasi teknologi, bahkan ekonomi, dapat mempengaruhi bagaimana perusahaan Anda berjalan. Anda harus mengenali ancaman dan peluang kompetitif; dalam rangka untuk memberikan waktu bagi Anda untuk mempersiapkan kemungkinan yang terbaik.
Dengan memahami pasar, Anda akan dipaksa untuk fokus. Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana Anda menyesuaikan diri dan apa yang menjadi keunggulan kompetitif dan kompetensi inti. Tanyakan kepada diri sendiri apa jasa unik / produk yang Anda bawa yang tidak mudah ditiru.
7.Jalankan bisnis Anda secara ramping. Menjaga pengeluaran dan belanja yang ramping selama Anda bisa. Adalah penting bahwa Anda tidak menghabiskan apa yang tidak Anda miliki! Anda tidak perlu kantor mewah pada awal bisnis Anda, atau ruang kantor di menara tinggi di pusat kota. Jika Anda tidak perlu pekerja tambahan, jangan diada-adakan.
Hindari kesalahan yang bisa menghabiskan apa yang Anda pikirkan di waktu mendatang – ingat, pembayaran dapat ditunda, atau lebih buruk lagi, uang bahkan tidak datang sama sekali. Anda akan terjebak dengan semua tagihan tapi tanpa uang untuk membayar mereka, dan itu bisa berarti akhir dari bisnis Anda. Hanya menghabiskan apa yang mutlak diperlukan dan mengorbankan hal-hal yang tidak penting untuk operasi Anda saat ini.
8.Dapatkan mitra yang tepat. Membawa pihak ketiga ke dalam bisnis – baik sebagai mitra bisnis atau investor – adalah salah satu hal yang paling penting buat Anda dalam mengambil keputusan. Seperti perkawinan, jika Anda salah memilih, bisnis Anda akan berada dalam banyak masalah, akibatnya bisnis Anda akan sakit dan gagal dalam perjalanannya.
Dalam menentukan mitra bisnis, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah menentukan kecocokan pola pikir dan gaya bisnis Anda dengan mitra. Penting bahwa Anda berbagi visi yang sama dengan calon mitra.Dapatkan orang yang bisa melengkapi pengetahuan dan keahlian Anda, bahkan kalau bisa orang yang mungkin lebih pintar daripada Anda. Tapi, tetap kenali lebih baik calon mitra Anda sebelum membawanya ke dalam bisnis Anda. Anda tentu tidak ingin bermitra sesaat saja bukan?.
Paling penting, jangan pernah memulai kemitraan tanpa menandatangani perjanjian sama sekali. Mempunyai perjanjian kemitraan yang jelas, termasuk perjanjian jual-beli dan jika ingin keluar dari kemitraan. Bahkan hubungan paling dekat dan persahabatan berakhir buruk ketika kemitraan bisnis tidak terjaga dengan baik.
9.Mengembangkan budaya sukses di organisasi Anda. Kesuksesan bisnis dan budaya kerja Anda terhubung erat. Cara Anda melakukan hal-hal dalam bisnis Anda harus kondusif bagi keberhasilan – dan ini memerlukan kepemimpinan yang kuat dan fokus.
Budaya bisnis diatur melalui kepemimpinan pemilik – apa yang dapat diterima dan tidak diterima oleh Anda juga sebagai dasar bagi karyawan. Proses di mana Anda, dan karyawan Anda (jika ada) melakukan hal-hal yang harus diarahkan pada usaha pencapaian pendek dan tujuan jangka panjang. Semua orang dalam bisnis Anda harus berada pada jalur yang sama, apakah di tangan tugas akuntansi untuk menjual untuk mengembangkan strategi merek.
10.Melakukan peninjauan strategi bisnis. Penting bahwa Anda meluangkan waktu untuk secara teratur meninjau, meninjau kembali dan merevisi strategi bisnis Anda. Lihat perubahan dalam situasi ekonomi secara keseluruhan, menganalisis industri Anda dan menentukan bagaimana dan di mana bisnis Anda berada.
Bisnis Anda tidak beroperasi dalam ruang hampa, dan itu sangat penting bahwa Anda meluangkan waktu untuk menganalisis di mana kesempatan untuk bisnis Anda berbohong. Jika asumsi-asumsi dan strategi yang Anda memulai bisnis tidak lagi berlaku, maka cukup fleksibel untuk memodifikasi mereka dan bahkan mungkin mengubah model bisnis Anda.
11. Belajar, dan terus belajar. Kesediaan Anda untuk belajar dapat memainkan peran besar dalam keberhasilan Anda sebagai pengusaha. Apakah Anda berpikir memiliki kiat-kiat untuk menjadi pengusaha sukses, atau Anda tidak tahu bagaimana untuk menjadi satu, terus-menerus mendidik diri sendiri adalah penting. Dapatkan banyak informasi dengan banyak membaca. Baca tentang kisah-kisah pengusaha sukses yang lain, bagaimana memperbaiki diri sendiri dan produktivitas Anda, dan membaca tentang apa yang terjadi dalam industri Anda. Selalu meluangkan waktu untuk membaca buku, top blogs, dan publikasi bisnis dan perdagangan.
Belajar memberi Anda kepercayaan diri dan inspirasi untuk melakukan hal-hal dalam mengejar visi Anda. Hal ini juga memberi Anda pengetahuan tentang pasar, apa yang terjadi sekarang, apa yang akan terjadi selanjutnya. Dapat juga memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan Anda dengan orang lain yang perlu Anda ketahui dalam bisnis.
Belajar juga bisa dalam bentuk lain, misalnya berbincang dengan sesama pengusaha, dan meminta nasihat atau bimbingan mereka termasuk dukungan dan bantuan.
12. Bersiap untuk perubahan. Siap untuk melakukan perpindahan. Ketika Anda memulai bisnis, kunci keberhasilan awal Anda adalah ketabahan kewirausahaan Anda. Ini adalah visi, dorongan dan semangat yang akan memacu bisnis.
Namun, karena bisnis Anda tumbuh, akan ada kebutuhan perubahan bisnis dan Anda akan memerlukan bantuan dalam mengembangkan dan melaksanakan visi Anda. Oleh karena itu, keterampilan manajerial Anda menjadi sangat penting.
Meneliti peran baru ketika Anda mulai mengembangkan bisnis: Anda mungkin menjadi pendiri, tapi miskin manajer . Anda perlu tahu bagaimana mengelola orang-orang dalam konflik, karena perbedaan yang sangat mungkin muncul dalam setiap organisasi. Pelajari cara menggeser peran Anda dalam bisnis.
Luangkan waktu untuk belajar dan memahami bagaimana mengelola karyawan. Dan jika Anda berpikir Anda lebih baik melakukan hal-hal lain untuk usaha selain mengelola staf, Anda bisa menyewa manajer profesional untuk bisnis anda dan fokus pada apa yang bisa Anda lakukan.
Pada akhirnya, tujuan Anda adalah untuk menciptakan bisnis terbaik, melakukan yang terbaik buat Anda – dan menikmati proses sepanjang jalan. ( phb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar