Rabu, 13 Juli 2011

PPKI 2011: Pemenang Kontes Rencana Bisnis dan Klip Kreatif PPKI 2011

Umum | 13 Juli 2011
 Jakarta – Sabtu, 9 Juli 2011 di area Panggung Kreatif tampak ramai para pengunjung yang ingin menyaksikan acara puncak dari pargelaran pekan produk kreatif tahun ini. Sebelum acara dimulai, Jamaica Café menyuguhkan beberapa tembang lokal dengan komposisi akapela dan harmonisasi vocal yang menawan.
Usai opening act dari Jamaica Café, Duo MC Cut Artharina dan Amaya Dori pun membuka acara. Tampak hadir Menteri Perdagangan yakni Mari Elka Pangestu, Hermanto Dardak (Wamen PU), Joko Widodo (Walikota Solo), IB. Dharma Wijaya Mantra (Walikota Denpasar) dan para undangan.
Kemudian talkshow dengan tema “Membangun kota kreatif, penggerak ekonomi kreatif Indonesia” digelar denga moderator Sumbo Tinarbuko. Empat pembicara talkshow kali ini adalah para perwakilan komunitas kreatif dari beberapa kota. Yakni Arief ‘Ayip’ Budiman (Creative Director Strategic Planer di Studio Matamera yang juga Chairman ADGI dan Penggiat komunitas kreatif Bali), Gustaf Hariman (Direktur Common Room Network Foundation, Bandung), M. Arief Budiman (Managing Director di Petakumpet, Jogja) serta Toha (Perwakilan komunitas kreatif Bintaro). Keempat pembicara talkshow diberikan 10 menit untuk mempersentasikan komunitas kreatif yang ada di kota mereka. 
Selain para perwakilan dari pelbagai kota ini, perwakilan dari pemerintahan pun diundang naik keatas panggung. Moderator mendaulat Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu serta Hermanto Dardak, Joko widodo dan IB. Dharma Wijaya Mantra. Sesi tanya jawab terjadi bukan hanya antara moderator dan narasumber saja, baik dari perwakilan komunitas kreatif atau pemerintah. Tapi juga dengan pengunjung acara tersebut.
Mari Elka Pangestu menyampaikan bahwa, perkembangan tanggung jawab membangun kota kreatif bukan hanya terletak pada bahu pemerintah saja. Semua lini harus jalan beriringan. Baik pemerintah maupun komunitas.  Yang menarik adalah Mari Elka Pangestu menyampaikan pendapatnya bukan sebagai Menteri Perdagangan. Tapi sebagai salah satu warga Jakarta Selatan.
Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang kontes kreatif PPKI 2011. Namun sebelumnya diselangi dengan penampilan Efek Rumah Kaca Band.
Dan tibalah pada saat yang paling ditunggu. Pengumuman pemenang kontes kreatif PPKI 2011.
Kontes Rencana Bisnis Kreatif:
Profil Juri:
  1. M. Arief Budiman – Managing Director Petakumpet
  2. Iim Fahima Jachja – CEO Virtual Consulting
  3. Ligwina Hananto – CEO, QM Financial
  4. Kemal Gani – Chief Editor Majalah SWA
  5. Betti Alisjahbana – CEO,QB Creative
Kontes ini dibagi 2 kategori, Pelajar/Mahasiswa dan Umum. Hadiah utama berupa uang tunai sebesar 25 juta dan pendampingan selama satu tahun.
Berikut daftar para pemenang:
Unjuk Karya Klip Kreatif:
Profil juri:
  1. Sim. F – Sutradara iklan & klip
  2. Anggun Priambodo – Sutradara iklan & klip
  3. Wahyu Aditya – Pendiri Hello Motion School
  4. Hasief Ardiansyah – Editor Rolling Stone Indonesia
  5. Franki ‘Pepeng’ Indrasmara – Drummer band NAIF
  6. Edy Khemod – Cerahati, Drummer band Seringai
  7. Anto Motulz – Sutradara klip, Komikus
Berikut daftar para pemenang:
Dipenghujung acara Mari Elka Pangestu menyampaikan hasil konvensi tahun ini. PPKI tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan disbanding tahun sebelumnya. Dimana jumlah pengunjung tahun ini naik 2 kali lipat, yakni sekitar 12 ribu lebih pengunjung. Peserta Creativepreneur pun meningkat tajam. Yakni 202 peserta, dimana tahun lalu diikuti 98 peserta.
Ini membuktikan bahwa wadah seperti ini harus terus digalakkan. Bukan hanya 1 kali dalam 1 tahun. Mari Elka pun berencana akan membuat mini-mini konvensi dibeberapa kota lainnya, seperti di Bandung, Jogja, Solo, dan Denpasar.
Acara pun ditutup dengan penampilan puncak dari grup music Efek Rumah Kaca.


http://www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/ppki-2011-pemenang-kontes-rencana-bisnis-dan-klip-kreatif-ppki-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar