Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Melakukan Riset Pemasaran

Dalam tulisan terdahulu didiskusikan mengenai betapa pentingnya riset pasar sebelum menentukan strategi pemasaran. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kita melakukan riset pasar agar memberikan gambaran yang objektif mengenai kondisi pasar prosuk kita. Cara yang dilakukan bisa bervariasi dan mungkin akan berbeda untuk setiap produk yang berbeda pula.

Namun ada beberapa metode riset pasar yang sering dipakai dalam mendapatkan kondisi riil pasar. Beberapa cara riset pasar tersebut antara lain:

1. Kuesioner.
Metode riset pemasaran kuisioner bisa dilakukan dengan survei kertas (wawancara langsung) atau online. Pada umumnya, kuesioner lebih berpeluang dijawab jika ada insentifnya (yakni imbalan).


2. Grup Fokus.
Grup fokus adalah metode riset pemasaran dengan mengunakan grup kecil konsumen yang dikumpulkan dibawah arahan seorang moderator, sementara para peneliti merekam dan mencatat pengamatan mereka atas respon, reaksi, dan komentar pelanggan. Peserta biasanya dibayar atas waktu mereka.
Berdasarkan pengalaman sepuluh responden dengan satu moderator dan tiga peneliti cukup efektif untuk metode riset pemasaran ini. Tapi hati-hati jika menggunakan metode riset pemasaran ini, jawaban yang diperoleh dari responden seringkali bias.

3. Survei.
Survei lebih singkat dibanding kuesioner, jadi tidak perlu imbalan. Survei secara online akan mendapat respon yang luar biasa jika metode riset pemasaran ini anda suguhkan secara positif. Melalui situs web anda, anda dapat memasukkan beberapa pertanyaan (yang tidak mengganggu, sederhana, dan mudah dijawab) untuk memperoleh komentar dan saran dari pengunjung situs web, terutama para pembelanja.

Metode riset pemasaran tersebut merupakan cara yang dipakai kehendak pelanggan terhadap produk kita bukan kehendak kita terhadap produk. Jika hasil riset ternyata berbeda dengan produk yang kita miliki, kita yang harus menyesuaikan produk dengan kemauan dan kebutuhan pasar. Jangan memaksakan diri menjual produk yang tidak dibutuhkan pelanggan. Strategi pemasaran yang diputuskan setelah melalui sebuah riset pemasaran akan memudahkan marketer mencapai target pemasaran yang telah ditentukan. Silahkan pilih metode riset yang sesuai dengan bisnis anda.

http://www.scribd.com/doc/5573722/Riset-Pasar-Berbiaya-Rendah

http://idepemasaran.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar