Rabu, 14 September 2011

Mengapan Bisnis Online Saya Tidak Berkembang?



Kenapa Bisnis Online Saya Tidak Berkembang?
Oleh : Irwan Hadiansyah / Strategi Online
Ketika kita bercermin pada bisnis sendiri yang tidak berkembang, maka akan timbul pertanyaan: “kenapa bisnis yang saya jalani ini tidak berkembang ya?”. Salah satu alasannya mungkin saja Anda tidak mempunyai strategi pemasaran di internet yang baik.
Jika Anda bertanya kepada seorang pengusaha online yang berhasil tentang bagaimana dia bisa membangun kesuksesan di usaha online nya, maka dia akan menjawab dengan ringan: “karena kami melakukan strategi dalam mengembangkan bisnis online kami”. Dari sini kita bisa melihat bahwa banyak para pemasar yang aktif di dunia pemasaran online tanpa memiliki strategi.

Ketika Anda berfikir bahwa mendatangkan uang jutaan dengan hanya duduk di depan komputer, minum kopi, dan hanya menunggu, sebaiknya Anda segera menghentikan kegiatan itu. Keuntungan tidak akan datang dengan hanya memasukan blog / website Anda ke beberapa direktori atau memasang nya di beberapa mesin pencari saja.
Ada dua faktor yang harus diperhatikan dalam kegiatan pemasaran dimanapun, yaitu proses“menjual” dan “membeli”. Untuk menyederhanakannya, coba kita kenali strategi pemasaran kita dengan beberapa contoh pertanyaan dibawah ini:

Siapakah pelanggan Anda? Apa yang Anda tawarkan? Mengapa mereka harus membeli dari Anda? Kenapa Anda lebih baik dari yang lain? Mengapa mereka (pelanggan) percaya pada Anda? Apakah Anda menawarkan produk Anda sendiri atau produk orang lain? Bagaimana Anda akan membuat penawaran menarik sehingga mereka memohon ke Anda untuk menjualnya kepada mereka?
Dengan beberapa contoh pertanyaan diatas, maka kita bisa melihat sekaligus mencari tahu masalah dan keinginan pelanggan, karena dengan mengetahui masalah dan keinginan merekalah kita bisa membuat dan membangun strategi-strategi pemasaran yang efektif yang bisa meningkatkan penjualan sekaligus pembelian pada bisnis yang kita jalani.
Pikirkan tentang hal diatas baik-baik… Ada jutaan orang membeli online setiap hari dan jika pelanggan tidak membeli dari Anda maka siapakah yang salah – pelanggan atau Anda?
Sebelum Anda mulai membuat strategi pemasaran Internet untuk situs web Anda, Anda perlu melakukan penelitian terlebih dahulu karena disitulah sebenarnya semua hal dimulai. Sama seperti dalam bisnis apapun, Anda harus memahami di mana Anda berada dan apa yang dapat Anda lakukan kemudian.
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis Anda di dunia Internet:

Tahap 1 Penelitian Online

Pada tahap ini, Anda harus meneliti pasar Anda. Siapa saja pesaing utama Anda? Apa yang mereka lakukan secara online? Apa kelemahan mereka? Siapa pelanggan setia Anda? Dimanakah tempat mereka nongkrong: MySpace atau YouTube? Dll.

Tahap 2 Pengembangan Strategi

Bila Anda sudah tahu target pasar Anda dan kompetitor Anda, Anda dapat mulai membuat strategi pemasaran Internet Anda sendiri. Anda hanya cukup duduk dan berpikir tentang: siapa dan apa yang Anda dapat tawarkan. Apa metode pemasaran yang akan anda gunakan dan mana yang Anda mampu? PPC, SEO, email, bloggingpodcastingvideo bloggingwebinar, lalu lintas generasi virallink building, pertukaran banner atau…?

Tahap 3 Kinerja Pemantauan

Bila Anda sudah memiliki rencana pemasaran internet dalam tahap ke 2, maka, Anda dapat memulai penerapannya sesegera mungkin. Langkah terakhir adalah mulai memantau kampanye pemasaran online Anda. Hanya dengan pemantauan terhadap strategi pengembangan bisnis inilah Anda dapat menemukan apakah strategi pemasaran bisnis di internet Anda berhasil atau tidak sebagai tolak ukur.
Sebenarnya, tidak ada rumusan untuk strategi pemasaran di Internet yang baku karena hal ini tergantung pada kebijakan yang Anda tentukan sendiri. Tahapan diatas hanyalah langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk memulai. Ketika Anda menyadari kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki, maka Anda akan mendapat strategi pemasaran yang hebat buah karya sendiri dengan sumber daya yang ada saat ini.
sumber : http://www.urbansosial.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar