Minggu, 15 Januari 2012

bagian dari e-business, E-commerce

E-commerce atau electronic commerce adalah bagian dari e-lifestyle yang memungkinkan transaksi jual beli dilakukan secara online dari sudut tempat manapun di dunia, sepanjang dapat mengakses internet. Meminjam definisi dari beberapa sumber, E-commerce dapat diartikan sebagai:
  • Berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World Wide Web (whatis.com)
  • Suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)
  • Menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet (E-commerce Net)
Sebagai bagian dari e-business, E-commerce secara umum dapat diklasifikasikan menjadi business to business (B2B) dan business to consumer (B2C). B2B atau transaksi antar pelaku bisnis adalah mekanisme trading dengan partner yang sudah diketahui dan pada umumnya memiliki hubungan yang sudah cukup lama, sedangkan B2C adalah transaksi terbuka antara e-merchant dengan customer yang dapat dilakukan tanpa harus saling mengenal. Apa yang menarik dari E-commerce?
Beberapa kelebihan dari bisnis dengan cara E-commerce di antaranya sebagai berikut:
  • Murah dan Efisien. Hasil riset yang dilakukan oleh sebuah konsultan asing ternama pada tahun 1997 menyimpulkan bahwa ongkos transaksi perbankan yang dilakukan melalui internet jauh lebih murah daripada yang dilakukan melalui ATM, telpon, dan kantor cabang. Hal yang sama juga berlaku untuk bisnis yang secara umum dijalankan dengan online. Jika dibutuhkan modal minimal satu juta rupiah untuk membuat rombong rokokdi pinggir jalan, maka membuka toko secara fisik jelas membutuhkan modal jutaan rupiah. Sedangkan modal untuk membuat toko online dengan fasilitas yang sudah lumayan lengkap hanya membutuhkan modal ratusan ribu rupiah. Selain modal pembuatan yang murah, biaya operasional toko online juga jauh berbeda dengan operasional toko secara fisik. Bahkan sangat dimungkinkan kita melakukannya tanpa karyawan. Umumnya, biaya operasional yang diperlukan untuk penanganan toko online yang masih bisa dikelola sendiri adalah biaya akses internet yang bahkan bisa gratis jika menggunakan hotspot.
  • Akses tanpa batas . Saat sebuah bisnis memiliki alamat di internet (url), apa yang ditampilkan akan bisa diakses oleh pengunjung dari belahan dunia manapun (sepanjang memiliki akses internet tentunya). Semakin sering alamat tersebut dikunjungi, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan revenue. Inilah yang menjadikan penayangan iklan Compaq melalui mesin pencari Altavista sebanyak 40 juta kali per hari mampu mendongkrak penjualan komputer 30 kali lipat dari seluruh dunia pada tahun 1999.
  • Revenue Stream. Selain biaya operasional yang murah, E-commerce sangat mungkin memberikan revenue yang bisa jadi sulit diperoleh melalui cara yang konvensional.
  • Memperpendek jarak. Pengiriman produk yang bisa dilakukan secara online memungkinkan pengiriman dilakukan dengan seketika. Beyon.com mengizinkan para pelanggannya untuk mendownload software yang dibelinya langsung ke komputer mereka atau Bwin.com yang langsung mengizinkan para pemainnya untuk bermain saat transfer uang diterima.
(referensi: panduan membuat toko online, Taufik Hidayat, penerbit MediaKita)
http://skripsigratis-online.blogspot.com/2009/09/e-commerce-toko-online.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar