Kamis, 19 Januari 2012

Mempertahankan dan mengembangkan pelanggan prioritas bisnis Anda

Jakarta (ANTARA News) - Pelanggan adalah raja. Jargon itu tetap menjadi keyakinan banyak pemilik bisnis hingga detik ini. Tapi apakah benar? Benarkah pelanggan raja ? Tak dapat dipungkiri, pelanggan adalah sumber pemasukan utama disetiap bisnis.

Jika pelanggan begitu penting, bagaimana cara kita untuk merawatnya?

ActionCOACH punya strategi yang powerfull bagaimana menjaga dan bahkan mengembangkan hubungan positif dengan pelanggan. Ada banyak strategi, salah satunya adalah dengan memperlakukan mereka secara istimewa.

Pada dasarnya terdapat tiga jenis pelanggan. Pelanggan tipe A adalah pelanggan yang paling prioritas. Pelanggan jenis ini selalu bertransaksi dengan jumlah yang sangat besar, berlangganan dalam waktu yang cukup lama dan sangat pengertian. 

Pelanggan jenis B adalah pelanggan yang memiliki tingkat frekuensi pembelian yang sedang-sedang saja. Tidak besar, tidak pula kecil. Tetap berlangganan namun tingkat trasaksinya selalu naik turun.

Dan pelanggan jenis C adalah pelanggan yang berlangganan namun lebih banyak complain serta memiliki jumlah transaksi yang relatif kecil dari dua jenis pelanggan diatas. 

Sebagai pemilik bisnis, kita harus bisa menggolongkan ketiga tipe pelanggan tersebut, walau sebenarnya ada lagi jenis pelanggan D dan bahkan E. Namun setidaknya, dengan adanya klasifikasi ini, mempermudah kita untuk memperlakukan mereka secara prioritas.

Pelanggan A dan B adalah pelanggan yang harus Anda utamakan dibanding pelanggan yang lain. Anda bisa beri harga khusus atau perlakuan yang membuat mereka merasa istimewa. 

Dengan cara ini, pelanggan tipe A dan B akan happy dan akan selalu bertransaksi dengan bisnis Anda dalam waktu yang cukup lama.

Memperlakukan pelanggan susah susah gampang. Biasanya mereka banyak maunya, tak mau membeli dengan harga mahal dan agak cerewet. 

Dengarkan suara pelanggan, terlepas dari apakah suara mereka itu negatif atau positif. Jika suara pelanggan negatif, kita harus introspeksi, jangan-jangan apa yang mereka katakan itu benar. Dan jika suara pelanggan positif, buat testimonial. Perlihatkan kepada calon pelanggan lainnya. 

Mengapa testimonial penting?

Testimonial adalah kesaksian dan statement positif terhadap produk atau jasa kita. Entah karena produk atau jasa kita bagus, kuat atau bahkan menarik. Intinya, testimonial adalah cara efektif untuk meyakinkan pelanggan baru bahwa produk atau jasa kita bermanfaat bagi mereka.

Testimonial bisa berfungsi sebagai  bukti nyata, bahwa produk atau jasa Anda benar-benar bermanfaat bagi pelanggan. Dan hasil dari kesaksian itu bisa memberi motivasi tersendiri bagi calon pelanggan lainnya.

Ingin tahu bagaimana cara mempertahankan dan mengembangkan jumlah pelanggan Anda berpuluh kali lipat ? Hubungi ActionCOACH di (021) 290 366 28 untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar