Jumat, 21 September 2012

Jama’ah... Oo... Jama’ah...




Judul di atas bukannya ikut-ikutan gayanya salah seorang ustadz di televisi lho ya. Ini memang topik artikel kita edisi ini. Yupz...kita memang akan menggali sedikit dari keutamaan sholat berjama’ah.

Kamu rajin sholat berjama’ah kan? Harus itu. Soalnya rugi banget nih sahabat, kalau kita sampai melewatkan sholat berjama’ah. Nih sabda Rasulullah saw :
“Barangsiapa berangkat ke masjid, maka satu langkah menghapus satu keburukan, dan satu langkah ditulis satu kebaikan, di saat pergi dan pulang.” 
(HR. Ahmad, no: 6599, 10/103, dari Abdulloh bin Amr bin Al-Ash, dishohihkan syaikh Ahmad Syakir)

Tuh, mantep banget kan. Jadi kalau ingin dosa kita diampuni, pahala (kebaikan) ditambah, plus dinaikkan derajat, maka rajin-rajin deh sholat jama’ah. Atau mungkin ada yang ingin booking tempat di surga? Ini sabda Rasulullah saw lagi :
“Barangsiapa pergi di waktu pagi ke masjid, dan pergi di waktu sore, Alloh menyiapkan baginya tempat tinggalnya di sorga setiap dia pergi di waktu pagi dan di waktu sore.“
(HR. Bukhori, no: 662, dari Abu Huroiroh)

Hayo, jadi pengen kan?
Selain itu, sholat berjama’ah juga lebih baik 27 kali lipat daripada sholat sendirian. Jauh banget kan perbandingannya. Bahkan pahala yang diobral ini pun tidak sekedar untuk sholatnya saja, tapi juga untuk jalan ke masjid, duduk menunggu waktu sholat, dan juga mengisi shaf pertama. Rasulullah saw bersabda :
“Seandainya manusia mengetahui (keutamaan) yang ada pada adzan dan shof awal, lalu mereka tidak akan mendapatkannya kecuali mereka melakukan undian padanya, pastilah mereka melakukan undian. Dan  seandainya mereka mengetahui (keutamaan) bersegera (ke masjid), sungguh mereka pasti berlomba padanya. Dan  seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang ada pada (sholat) ‘atamah (isya’) dan shubuh, sungguh mereka pasti mendatangi keduanya, walaupun merangkak.”
(HR. Bukhori, no: 615, dari Abu Huroiroh)

So...jangan sampai ketinggalan sholat jama’ah ya... Rugi deh!!
------------------------------------------ ########## ------------------------------------------
Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan berwudhu’ untuk shalat lima waktu (secara berjama’ah di masjid), maka pahalanya seperti pahala orang berhaji yang memakai kain ihram.
(HR. Abu Dawud no. 554, dan di hasankan oleh Asy Syaikh Al Albani)
------------------------------------------ ########## ------------------------------------------
Jadwal kajian masjid Nurul Islam :
Selasa ba’da ‘Isya à kajian Fikih bersama Ust. Busyroni Majid
Sabtu ba’da Shubuh à kajian Tafsir Al-Qur’an bersama Ust. Syatori AR.
Ahad ba’da ‘Ashar à Tematik bersama Ust. Awan Abdullah & Ust. Adi Abdillah
Pastikan dirimu ikut ya... ^_^

Oya, kalau sahabat semua ingin meng-copy file-file kajian Islam (audio & video) dari berbagai ustadz dan berbagai tema, atau file-file murattal, FPM Nuris punya filenya lho. Silakan siapkan flashdisk atauharddisk eksternalmu, lalu hubungi (mas Adib) di Perpustakaan Masjid Nurul Islam. It’s free...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar