Rabu, 05 September 2012

700 juta



by Enda on 06/09/2002 in UNCATEGORIZED

Dewi Lestari (Dee) dibayar 700 juta rupiah buat bikin Supernova 2, sekuel dari Supernova-nya yang pertama. (Via detik.com dan kompas.com)
Keren-keren, ke depannya orang bisa dong idup dari nulis buku di Indonesia.  . Tapi berani juga ya yang bayar (PT Bumi Antariksa Kreatos (BARK) Communication), gue ga yakin kembali modal tuh hehe..

Target penjualan sekuel ini 120.000 eksemplar, kalo harga satu buku Rp 20.000, berarti uang masuk ada Rp 2.4 Milyar. Masukin komponen, produksi (kertas, cetak, desain), marketing, distribusi, untung penerbit dan lain-lain, sisanya berapa?

Biasanya sih pengarang pemula dapet royalti 10% dari harga buku, mungkin kalo udah dibayar di depan gini, Dee ga dapet royalti lagi. Tapi kalo itungan biasa pake royalti, berarti cuma Rp 240 juta kan? Kalo udah ngetop ok-lah 20% kan juga Rp 480 juta, baru setengah dari Rp. 700 juta?

Ditambah lagi ama kemungkinan bukunya *mungkin* ga laku. Yang namanya *sekuel* biasanya lebih jelek dari originalnya hehe.. Yang pertama aja gue ga baca, keburu banyak baca *review negatif* dan ternyata semuaaa orang pada baca, gue jadi males baca (sombong luh!! ^_^) hehehe…

Jadi kemungkinannya adalah. (1). Harga bukunya jadi lebih mahal (tapi ntar yg beli dikit). (2). Dan ada rencana-rencana lain, mungkin mau dijadiin film, sinetron, album lagu, atau dijual ke pasar luar negri dalam Dollar ($). 

Nah kalo gitu itungannya beda lagi.
Yah smoga sukses aja deh gue sih. Makin banyak yang bisa idup karena nulis makin bagus!
UPDATES: Ternyata diterbitinnya dengan rencana berseri. 

Jadi Supernova 2 ini, terdiri dari 5 buku, yang bakal terbit 2 bulan sekali. Hmmm good strategy, bisa lebih mahal lagi harga totalnya, dan ga kerasa ama yang beli, karena belinya nyicil satu-satu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar