Rabu, 18 Mei 2011

era web 2.0 apaan sih ?


Flock… yang mencoba menyatukan beberapa situs social media ke dalam browser… Tapi penyatuan ini ada di level browser, sedangkan database tetap pisah.
Tentang evolusi web
Ya semua harus berevolusi untuk menjadi lebih baik lagggh! Seperti evolusi software selalu ada keluaran baru, release 1, 2, 3 atau ada Microsoft Office 2003, 2007 dan 2010, semua orang mau terus lebih baik lagi… web pun juga HARUS begitu!
Web 1.0
Untuk web tadinya web 1.0 adalah yang dikenal dengan web satu arah, yaitu html umum si pembuat berita upload dan kemudian si pembaca tinggal lihat… komunikasi berlangsung satu arah.
Web 2.0
Ya ngeblog inilah contoh awalnya web 2.0! Komunikasi bukan lagi satu arah, tapi juga ada respon balik dari pembaca! Ya nggak asik toh ya kalau cuman ngobrol satu arah?
Bentuk lanjutannya web 2.0 adalah UGC (User Generated Content) situs-situs pertemanan seperti Facebook dan Twitter memakai bentuk ini content dibuat pembaca dan di share! Edannn… semua orang jadi pembuat berita dan laku kerasss!!! Banyak orang yang tadinya nggak ber-internet jadi berinternet ya gara-gara ini…
Web 3.0
Nah inilah bentuk yang akan datang, arahnya ada dua, yang pertama “semantic web” dan yang kedua database mash up! (penggabungan database).
Semantic web ini berarti si browser “mengerti” pembaca. Dengan semantic web, profile si pencari di akses dan ikut diperhitungkan untuk memberikan hasil search yang paling relevan. Contohnya kalau misalnya saya melakukan pencarian lewat search engine dengan memakai keyword “mp3″ yang keluar adalah motor Piaggio MP3. Sedangkan bagi pencari lain yang suka musik, dengan browser yang sama hasil pencariannya bisa-bisa adalah sebuah link yang relevan dengan download MP3…
Apalagi yang diperhitungkan sebagai profile untuk semantic web ini? Ya bahasa, ya domisili, interest/hobby, ekonomi, kebutuhan anak-istri? Ya bisa banyak…
Tapi menurut gw ini terlalu biasa-biasa aja untuk segini dibilang web 3.0.
Ada juga yang bilang semantic web itu bukan web 3.0! Aliran berikutnya bilang kalau web 3.0 akan berupa penggabungan besar-besaran database di dunia!!! Apaan sih? Jadi dulu kan ada friendster, sekarang facebook dan twitter, sebetulnya buat apaan gonta-ganti dan sign up lagi sih??? Orang fiturnya sebetulnya hampir-hampir mirip kok, FB dan Twitter, ya dari FB ke Twitter kan sebetulnya tinggal di kurangin fiturnya aja? Nggak tahu asal mulanya kesadaran dari mana, jadi para tokoh perinternetan bilang kalo mendingan semuanya DIGABUNG AJAAAAA!!! Jadi nantinya ada satu database terpusat yang bisa di akses oleh klien-klien developernya social media. Untuk yang senang bertwitter ya cukup pakai fitur textnya, yang FB ya ambil juga text + game-gamenya dan lain-lain… Dengan begini juga nggak akan ada lagi obsolute secara data… aplikasi kliennya bisa berganti dan ditinggalkan, tapi profil dan apa-apa yang sudah kita upload akan tetap ada! Pastinya dimungkinkan juga import network friends  antar situs social media…
Penamaan social media akan tetap ada, tapi satu database atau sharing database
Selain situs social media, penggabungan ini juga akan masuk ke search index seperti google. Semua database pencarian digabung ajaaah!!! Indexnya akan guede!!! tapi semuanya bisa dicari sesuai kemauan!
Keren banget kalau database dunia ini bisa disatukan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar