Sabtu, 23 April 2011

BISAKAH Anda hidup tanpa koneksi dunia maya?


BISAKAH Anda hidup tanpa koneksi dunia maya?

Rasanya sekarang makin banyak orang yang hidupnya amat bergantung dengan koneksi internet. Entah untuk urusan pekerjaan atau pribadi seperti terhubung dengan kawan-kawan atau sekadar mencari berita terkini.

Tapi, tahukah Anda persisnya kenaikan penggunaan internet hari ini?

Menurut rilis terbaru lembaga rating AGB Nielsen, Nielsen Newsletter (edisi 15, 31 Maret 2011), konsumsi internet secara umum meningkat dari 8 persen jadi 21 persen dalam lima tahun terakhir.

Frekuensi penggunaannya pun meningkat. Mayoritas pengguna internet mengakses internet beberapa kali dalam seminggu; persentasenya meningkat terutama dalam tiga tahun terakhir dari 24% menjadi 38%.

Kenaikan tajam terjadi pada orang yang menggunakan internet saban hari, dari hanya 3% jadi 25%. Artinya, semakin banyak orang yang tak bisa lepas dari koneksi dunia maya.

Menurut rilisan Nielsen, "Hal ini terutama disebabkan semakin mudahnya mengakses internet melalui ponsel."

Dari mana orang Indonesia mengakes dunia maya? Mayoritas, 50 persen, masih mengakses lewat wanet (warung internet). Namun angka ini turun dari 65% dalam lima tahun trakhir. Pengguna internet dari kantor juga turun dari 27% menjadi 13%.

Sebaliknya, pengguna internet yang mengakses dunia maya secara bergerak (mobile), antara lain lewat ponsel pintar, naik paling signifikan jadi 21% pada 5 tahun terakhir.

Lantas, siapa yang paling banyak mengakses dunia maya? Laki-laki atau perempuan?

Pengguna internet masih lebih banyak laki-laki (58 persen) dibanding perempuan. Lewat komputer atau laptop, perempuan paling banyak memamai internet untuk berkirim e-mail. Remaja perempuan menggunakan internet terutama untuk bermain games,layanan pendidikan, dan mendengarkan musik.

Sementara itu, ibu rumah tangga dan perempuan bekerja menggunakan internet untuk mengakses berita lokal, berselancar (browsing), dan mencari informasi produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar