Sabtu, 23 April 2011

belanja asyik bikin kurus

Penggila Belanja Bakar 48.000 Kalori


SERING belanja hingga lesu? Kebiasaan ini tidak selamanya buruk. Studi terbaru bahkan menguak manfaat positif yang bisa didapatkan para penggila belanja. Rata-rata perempuan yang cinta belanja, menurut peneliti, membakar 48.000 kalori setahun.

Rata-rata perempuan membakar sekitar 385 kalori saat berkeliling toko per minggunya. Jumlah kalori ini setara dengan sepotong kue wortel atau dua gelas besar anggur.

Studi ini juga mengungkap bahwa mereka juga berjalan sekitar 154 mil setahun, untuk menawar barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Jarak ini setara dengan jarak dari London ke Nottingham.

Menurut peneliti, tidak mengherankan jika para partisipan mengaku merasa lebih capek setelah belanja dibandingkan setelah olahraga di gym.

Studi juga menunjukkan, rata-rata perempuan menempuh 2,96 mil saat berbelanja dan menghabiskan sekitar 2,5 jam berkeliling di toko-toko setiap minggunya.  Sedang laki-laki hanya menghabiskan rata-rata 50 menit dan menempuh 1,5 mil per minggu.

Perempuan rata-rata melangkah sebanyak 7.305 setiap kali berbelanja. Jumlah ini setara dengan 75 persen rekomendasi harian dari NHS. Selain itu, barang belanjaan yang dibawa setiap melangkah setara dengan latihan kekuatan di gym.

Peneliti memperhitungkan, sekitar tiga jam berbelanja bisa membakar 495 kalori dari burger besar. Dua jam belanja bisa membakar  283 kalori dari kopi susu reguler.

Meskipun sembilan dari sepuluh perempuan yang disurvei mengaku mengenakan sepatu olaharga saat berbelanja, dua per tiga mengaku tidak menganggap berbelanja sebagai bentuk olahraga yang resmi.

Satu per tiga dari partisipan mengaku melakukan perjalanan berbelanja ‘serius’ sekali seminggu, sementara delapan dari sepuluh perempuan mengaku berbelanja lebih lama dengan jarak yang lebih jauh saat mereka berbelanja dengan teman. Mereka juga berhenti untuk makan siang atau minum kopi di sela-sela waktu berbelaja.

Akan tetapi, perempuan yang masuk dalam kategori ‘serius’ tidak berhenti. Empat puluh lima persen partisipan mengaku tidak beristirahat dan berbelanja hingga mereka lemas.

Dalam sebuah survei terpisah, para pakar memperhitungkan bahwa perempuan membakar sekitar lima kalori per menit saat berkeliling dan mencari barang yang diinginkan, hampir 48.000 kalori per tahun.

Sekitar dua per tiga dari 300 partispan yang disurvei mengaku tidak berjalan santai. Mereka cenderung berjalan cepat untuk mengerjakan segala sesuatu secepat mungkin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar